by

Joan Mir Sudah Bisa Mengunci Gelar Juara Dunia di GP Valencia, Jika…

KalbarOnline.com-Joan Mir selangkah lagi menjadi juara dunia MotoGP 2020. Finis ketiga di GP Valencia akhir pekan ini (15/11), sudah cukup bagi pembalap Suzuki Ecstar tersebut untuk mengunci gelar juara dunia bagi dirinya.

Sampai saat ini, Mir berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 162 poin. Mir berjarak 37 poin dari bintang Petronas Yamaha Fabio Quartararo dan rekan setimnya Alex Rins yang sama-sama meraup 125 poin.

Pada GP Eropa pekan lalu, Mir mampu meraih kemenangan perdananya. Kejayaan Mir membuat Suzuki berjaya dengan berada di puncak klasemen sementara konstruktor. Apalagi, sebelumnya, dua tim Yamaha dijatuhi penalti pengurangan 50 poin.

  • Baca Juga: Joan Mir Nyaman di Puncak, Suzuki Tak Singgung Team Order

Manajer Suzuki Ecstar Davide Brivio mengakui bahwa timnya sangat bahagia dengan kemenangan perdana Mir pekan lalu. Tetapi, dia menjelaskan pekerjaan musim ini belum selesai.

”Kami harus tetap fokus dan berkonsentrasi untuk mendapatkan hasil terbaik dari dua seri tersisa,” ujar Brivio.

Nah, Joan Mir mampu mengunci gelar juara dunia di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia jika:

– Mir finis di podium, tidak peduli pesaingnya finis di posisi berapa pun.

– Mir finis keempat, kelima, atau keenam dan Fabio Quartararo atau Alex Rins gagal memenangi balapan.

– Mir finis ketujuh, lalu Quartararo, Rins, atau Vinales gagal menang.

– Mir finis kedelapan, kesembilan, atau kesepuluh dan Vinales tidak memenangi balapan, plus Quartararo dan Rins tidak finis lebih baik daripada peringkat ketiga.

– Mir finis ke-11 dan Vinales, Franco Morbidelli, atau Andrea Dovizioso tidak memenangi balapan, lalu Quartararo dan Rins tidak finis lebih baik daripada peringkat ketiga.

BACA JUGA:  Analisis Teknis: Rahasia Kehebatan Para Rider Penghuni Podium Aragon

– Mir finis ke-12, ke-13, atau ke-14 dan Morbidelli atau Dovi tidak memenangi balapan. Vinales tidak finis lebih baik daripada peringkat ketiga serta Rins dan Quartararo tidak meraih podium.

– Mir finis ke-15 dan Morbidelli atau Dovi gagal menang. Vinales tidak finis lebih baik daripada peringkat ketiga, lalu Quartararo dan Rins tidak finis lebih baik daripada peringkat kelima.

– Rins gagal mencetak satu pun poin, lalu Morbidelli dan Dovi tidak finis lebih baik daripada peringkat ketiga. Vinales tidak finis di podium. Selanjutnya, Quartararo dan Rins tidak finis lebih baik daripada peringkat kelima.

Comment

Terbaru