Indonesia Siap Berkolaborasi Wujudkan Ekosistem Halal Global

KalbarOnline.com – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi memastikan Indonesia siap berkolaborasi dengan seluruh komunitas maupun institusi halal dunia guna membangun ekosistem halal global. Hal ini dia ungkapkan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di bidang Jaminan Produk Halal (JPH) antara Indonesia dan Chile.

“Kami terus membangun ekosistem halal melalui kolaborasi dengan berbagai pihak baik domestik maupun luar negeri,” kata Menag, Senin (9/11).

Di dalam negeri, Kemenag melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) telah berkolaborasi dengan lebih dari 120 lembaga. Mulai dari Kementerian/Lembaga terkait, universitas, BUMN/BUMD, organisasi islam, hingga beberapa digital platform startup.

Baca Juga :  Lucky Hakim Menang di Indramayu, Pengacara Ucapkan Selamat

Sementara, dari luar negeri, Menag mengungkapkan setidaknya ada 73 institusi halal dari berbagai negara yang ingin melakukan kerja sama dan membuat kesepakatan dengan Indonesia. Chile mulai saat ini akan berkolaborasi dengan Indonesia mengenai hal tersebut.

“Beruntung, Chile menjadi negara pertama yang menandatangani kesepakatan dengan Indonesia,” kata dia.

Baca Juga :  Aksi Unjuk Rasa Driver Ojol di DPR, Begini Tanggapan Kemenhub

Penandatangan kerja sama dengan Chile merupakan salah satu bentuk komitmen Indonesia untuk mewujudkan semboyan Halal Indonesia untuk Masyarakat Dunia.

“Penandatanganan MoU ini akan memperkuat sinergi dan dapat membuat Indonesia dan Chile menjadi pemain penting dalam pasar halal global. Saya berharap industri halal ini dapat terus berkembang secara global, dan memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat di dunia,” tutup Menag.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment