7 Cara Cerdas Menghadapi Pasangan yang Mudah Cemburu

Kecemburuan dalam hubungan adalah hal yang normal bahkan cenderung romantis. Sebab, kecemburuan mungkin dipicu oleh cinta atau rasa takut kehilangan seseorang yang disayangi. Sayangnya, kecemburuan tidak selalu terasa romantis. Kadang-kadang, memiliki pasangan yang sering cemburu terasa mengganggu bahkan hingga memicu pertengkaran.

Untuk menyikapi pasangan yang pencemburu tidaklah bisa sembarangan, apalagi dengan emosi. Nah, kalau saat ini kamu tengah menghadapi pasangan yang sering cemburu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Pasangan yang Hanya Memanfaatkanmu!

1. Bersabar dengan sikapnya

Sifat pasangan yang sering cemburu bukanlah masalah yang akan diperbaiki dalam sehari. Untuk itu, cobalah bersabar dengan sikap pasanganmu dan tunjukkan bahwa kamu siap mendiskusikan ini dengan dirinya, termasuk apa-apa saja yang membuat dirinya jadi mudah cemburu. Yang perlu kamu tahu adalah, menghadapi pasangan yang pencemburu bisa memakan waktu dan emosi, tapi kamu harus tetap bersabar dan jangan mudah menyerah.

2. Cari tahu dari mana asalnya kecemburuan ini

Rasa cemburu umumnya tidak hadir begitu saja tanpa pemicu apapun. Kecemburuan sering kali disebabkan oleh rusaknya kepercayaan. Mungkin sebelumnya kamu pernah melakukan sesuatu yang membuat pasanganmu merasa kesal atau adanya masalah dari hubungan masa lalu pasanganmu yang belum bisa dirinya atasi. Memahami akar masalah merupakan langkah penting untuk menemukan solusi yang benar-benar dibutuhkan.

Baca Juga :  Keintiman itu tak Hanya Dekat Secara Fisik Lho! Begini Cara Bangun Keintiman dengan Pasangan!

3. Bersikaplah secara terbuka dan jujur

Sebenarnya, pasanganmu kerap cemburu hanya karena ia ingin mengetahui apa-apa tentangmu secara jelas dan pasti. Itulah sebabnya dia sering mengajukan pertanyaan padamu, bahkan terkadang untuk sesuatu yang ia sendiri sudah tahu jawabannya.

Untuk itu, kamu harus bersikap terbuka dan jujur padanya, alih-alih berbohong untuk meredam kecemburuannya. Hal ini penting dilakukan untuk membangun rasa percaya padamu dan menghindari kesalahpahaman.

4. Berikan pujian

Tak jarang, akar dari kecemburuan hanyalah karena merasa iri pada orang lain. Untuk itu, kamu perlu lebih banyak memuji pasanganmu untuk meredam rasa cemburunya. Buat ia merasa bahwa dirinya memiliki kualitas-kualitas positif yang tidak dimiliki oleh orang lain. Sehingga, ia tidak perlu merasa cemburu lagi.

Baca juga: Dads Punya Kebiasaan Buruk? Begini Cara Bijak Menghadapinya!

5. Luangkan waktu untuk mendengar keluhannya

Coba ajak dia duduk sejenak dan komunikasikan hubungan kalian secara baik-baik. Misalnya, jika selama ini ia terus mengeluh karena kamu kurang perhatian, cemburu dengan kawan-kawanmu, jarang bisa bertemu denganmu, atau apa pun itu. Sebab, ketika ia merasa dirinya tidak istimewa bagimu, hal itu bisa memunculkan kecenderungan untuk menjadi cemburu. Jadi, daripada berdebat, lebih baik komunikasikan masalah yang kalian alami dan cari jalan keluarnya bersama-sama.

Baca Juga :  Selingkuh Bisa Terulang, Benarkah?

5. Tunjukkan kasih sayang

Untuk membuat dirinya merasa istimewa dan penting, tunjukkanlah perhatian padanya. Kurangi sikap cuek, sulit dihubungi, atau membandingkan dirinya dengan orang lain. Tunjukkanlah perhatian dan kasih sayang, seperti membangun komunikasi, mengajak berkencan, memberikan kado, dan sebagainya.

6. Jika rasa cemburunya sudah tidak wajar, mungkin berpisah bisa jadi solusi terakhir

Tidak semua sikap cemburu dapat terus menerus ditoleransi. Setelah semua usaha yang kamu lakukan, tapi sikap cemburunya sudah tidak bisa ditoleransi, seperti mengganggumu, melakukan kekerasan, bahkan membuatmu merasa tidak aman, bisa jadi artinya hubungan yang kamu jalani memang sudah tidak layak diperjuangkan.

Pada titik ini, hanya buang-buang waktu saja kalau kamu terus mengalah dan mempertahankan hubungan yang tidak sehat ini. Untuk itu, mau tidak mau, kamu harus segera mengakhiri hubungan tidak sehat yang sedang kamu jalani ini.

Mungkin terasa sulit dan butuh upaya ekstra untuk menghadapi pasangan yang mudah cemburu, tapi bagaimanapun juga, untuk mempertahankan hubungan memang diperlukan usaha bukan?

Baca juga: Ini Cara Menghilangkan Rasa Cemburu secara Sehat!

Sumber:

Powerofpositivity.com. How to deal with jealous partner.

Psychologytoday.com. How deal your partners jealuosy

Bustle.com. 6 ways to deal with jealous partner without breaking up.

Comment