Biden Sudah Dinyatakan Menang, Trump Masih Ngotot Hitung Ulang

KalbarOnline.com – Situasi kontras terjadi antara Joe Biden dan Donald Trump usai Pemilu Amerika Serikat. Meski Biden sudah dinyatakan sebagai presiden terpilih dengan mengantongi 290 electoral votes atau melebihi syarat 270, namun tim kampanye calon petahana masih bersikeras agar suara dihitung ulang.

Dilansir dari CNN Live, Senin (9/11), tim kampanye Trump Doug Collins memimpin upaya penghitungan ulang Georgia. Perwakilan Republik Doug Collins pada Selasa malam lalu kalah dalam pemilihan Senat khusus di Georgia. Namun kini, dia berjuang untuk Trump.

Presiden terpilih Joe Biden saat ini memimpin di Georgia dengan 10.353 suara. Sekitar 99 persen surat suara di negara bagian telah dihitung. Seorang kandidat di Georgia dapat meminta penghitungan ulang jika marginnya berada dalam 0,5 persen dan hanya setelah hasilnya disertifikasi.

Baca Juga :  Kim Jong-un Perintahkan Pengetatan Sistem Darurat Anti-Covid-19

Sementara perhitungan juga masih dilakukan di negara bagian lainnya yakni Nevada. Tim masih menghitung surat suara dan diperkirakan penghitungan total selesai pada hari Rabu lusa (11/11).

Nevada memproses 23 ribu surat suara yang masuk melalui sistemnya pada hari Sabtu lalu dan memiliki tambahan lebih dari 16 ribu surat suara yang masuk hingga hari Minggu. Panitera County Joe Gloria menegaskan, sejumlah surat suara masih dihitung.

“Saya mengingatkan masyarakat bahwa masih ada surat suara yang beredar di berbagai daerah,” kata Gloria.

Baca Juga :  Panglima: Blackbox FDR Sriwijaya Air Berhasil Ditemukan TNI AL

“Banyak staf yang sedang bekerja, memeriksa dan menghitung surat suara sementara,” kata Gloria.

Dia mengatakan bahwa dia mengharapkan penghitungan suara di seluruh negara bagian selesai pada hari Rabu. “Dari semua 16 kabupaten lain di Nevada dan mulai menyiapkan laporan yang diperlukan. Mudah-mudahan Rabu besok selesai,” kata Gloria.

Gloria mengatakan, pihaknya juga sedang mengerjakan pemeriksaan surat suara dan angka-angka itu belum masuk dalam laporan. Angka penghitungan suara presiden terbaru di Nevada menunjukkan Biden memiliki 53,87 persen suara dan Trump memiliki 44,2 persen suara. CNN memproyeksikan Joe Biden memenangkan Nevada.

Comment