Pemkab Gelar Pisah Sambut Kapolres Sintang

Pemkab Gelar Pisah Sambut Kapolres Sintang

KalbarOnline, Sintang – Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar acara pisah sambut Kapolres Sintang yang dilangsungkan di Pendopo Bupati Sintang, Sabtu (24/10/2020). Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Pjs Bupati Sintang, Florentinus Anum dan jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang.

Seperti diketahui jabatan Kapolres Sintang resmi berganti setelah dilaksanakannya acara serah terima jabatan di Polda Kalbar pada Kamis (22/10/2020) lalu dari AKBP John Halilintar Ginting kepada AKBP Ventie Bernard Musak.

Dalam sambutannya, Pjs Bupati Sintang, Florentinus Anum mengucapkan selamat datang kepada Kapolres Sintang yang baru, Ventie Bernard Musak di Kabupaten Sintang.

“Selamat bergabung di Kabupaten Sintang. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak John Halilintar Ginting beserta ibu yang telah memberikan dharma bhakti dan pengabdiannya, terutama dalam menjaga kedamaian dan kerukunan di tengah-tengah masyarakat, walaupun waktu yang singkat tapi telah berkonstribusi sangat banyak untuk Kabupaten Sintang ini. Masyarakat dan jajaran Pemkab Sintang menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, jika ada kata atau perbuatan kami yang menyinggung perasaan bapak sekeluarga selama bertugas di Kabupaten Sintang. Kami berdoa semoga bapak selalu sehat, sukses melaksanakan tugas di tempat yang baru,” terang Anum.

“Pada malam yang baik ini, kami juga ingin menyampaikan terima kasih masyarakat dan jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang kepada Bapak Imam Riyadi yang sudah bersama kami menjalankan tugas di Kabupaten Sintang selama satu bulan lebih bersama-sama kami. Mohon maaf jika ada tutur kata masyarakat dan jajaran Pemkab Sintang selama bapak bertugas di Kabupaten Sintang ada yang kurang berkenan. Selamat bertugas kembali ke posisi semula. semoga bapak sukses dan sehat selalu,” terang Florentinus Anum.

“Sehubungan dengan pergantian jabatan Kapolres Sintang, kami berharap sinergitas, koordinasi dan komunikasi dapat berjalan dengan baik, termasuk dengan anggota forkopimda lainnya, khususnya dalam rangka pemeliharaan keamanan wilayah Kabupaten Sintang dalam kegiatan penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati sintang serta penanganan kasus covid-19 di bumi senentang ini. Kita ketahui bersama, bahwa tahun ini merupakan tahun politik, merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menyukseskan perhelatan demokrasi tersebut, karena kesuksesan perhelatan demokrasi, tidak hanya diukur dari hasilnya, tetapi bagaimana sebuah proses demokrasi itu berjalan dengan aman dan demokratis, sekaligus memberikan jaminan rasa aman kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi tersebut. kawal terus jalannya pesta demokrasi ini dan himbau masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan agar pilkada ini dapat berjalan dengan aman, lancar, sukses dan sehat,” tambah Florentinus Anum.

Baca Juga :  Penilaian Lomba Kelurahan, Jarot: Pelayanan Yang Baik Sangat Penting

Sementara Kapolres Sintang yang baru AKBP Ventie Bernard Musak menjelaskan bahwa sebelumnya dirinya bertugas di Polda Kalbar sebagai Kasubdit I Bidang Politik Dit Intelkam Polda Kalbar yang menangani masalah pilkada.

“Saya berada di Polda Kalbar kurang lebih dua tahun. Saya pernah bertugas di Jawa Tengah, Bali dan Papua. Saya orang baru di sini, maka sinergisitas dengan Forkopimda dan tokoh masyarakat yang sudah terbangun dengan baik kita jaga dengan baik. Apa yang sudah berjalan, program Polri yang sudah dilakukan bisa dilanjutkan. Pesan Kapolda Kalbar kepada kami adalah fokus menghadapi tiga persoalan di akhir tahun 2020 yakni menghadapi persoalan karhutla, pencegahan covid-19 dan mensukseskan pilkada 2020,” terang Ventie Bernard Musak.

“Seperti kita ketahui bahwa pemungutan suara tinggal menghitung hari. Maka kita perlu mempersiapkan dan mendukung agar seluruh tahapan pilkada bisa berjalan dengan baik. Saat ini memang logistik belum ada. Kami akan menggunakan kekuatan yang ada ditahap kampanye sampai pemungutan suara. Kami akan meminta bantuan dari Dandim 1205 Sintang dalam mengamankan pilkada ini. Saya sudah mengumpulkan jajaran Kapolsek dan sudah saya sampaikan pesan dari Bapak Kapolda.  Saya sudah memberikan arahan kepada jajaran kami di Polsek untuk memberikan dukungan kepada program pemerintah yang sedang bekerja menangani karhutla dan covid-19,” tambah Ventie Bernard Musak.

Baca Juga :  Resmikan Pasar Rakyat Mangkurat Baru, Bupati Jarot ke Warga: Jaga dan Manfaatkan Dengan Baik

“Saya juga sudah menekankan kepada seluruh jajaran kami di Polres Sintang agar setiap ada masalah sekecil apapun agar segera diselesaikan, tidak menunggu sampai masalah tersebut menjadi besar sehingga tidak menimbulkan gangguan kamtibmas dan konflik. Apa yang sudah terjadi bisa kita jadikan pelajaran bahwa masalah kecil bisa menjadi besar. Kita akan perhatikan juga masalah SARA agar bisa diantisipasi dengan baik. Kami juga sudah mendapatkan laporan ada kejadian saling serang antar peserta pilkada melalui media sosial dalam hal isu SARA dan itu akan mengganggu proses pilkada. Kami akan bekerjasama menangani ini dengan forkopimda, tokoh masyarakat serta stakeholder yang lain di Kabupaten Sintang,” terang Ventie Bernard Musak.

Wakapolres Sintang Kompol Alber Manurung, SH, SIK menyampaikan selama ini sudah terjadi kerjasama dan hubungan baik jajaran Polres Sintang dengan jajaran Pemkab Sintang, TNI dan seluruh elemen masyarakat.

“Sinergisitas ini tentu harus kita jaga. Kondisi keamanan dan ketertiban selama ini sudah baik. Kalaupun ada persoalan, berhasil diselesaikan dengan baik. Dan itu berkat adanya kerjasama dengan banyak pihak. Atas nama Bapak John Halilintar Ginting dan keluarga, saya menyampaikan permohonan maaf beliau jika selama bertugas di Sintang ada hal yang kurang berkenan. Beliau akan bertugas di Polda Riau, semoga karir beliau terus baik. Sebagai Wakapolres Sintang saya merasakan koordinasi dengan banyak instansi sangat baik dan lancar. Komunikasi dan koordinasi lewat handphone juga bisa dan tidak harus dilakukan secara formal,” terang Alber Manurung.

“Hubungan baik ini kita jaga dan tingkatkan karena kita akan menghadapi covid-19 dan pilkada yang harus dihadapi secara bersama-sama. Kepada Bapak Imam Riyadi selaku pelaksana harian Kapolres Sintang sudah melaksanakan banyak kegiatan di Sintang seperti razia masker di tempat umum dan melakukan penyemprotan desinfektan di jalan raya. Kami berharap pada pelaksanaan pilkada ini bisa berjalan lancar dan kita semua sehat,” terang Alber Manurung.

Comment