5 Makanan yang Bisa Menambah Tinggi Badan

Kita semua tahu bahwa tinggi badan sangat dipengaruhi oleh genetika. Akan tetapi, mendapatkan nutrisi yang cukup juga sangat penting untuk mengoptimalkan tinggi badan. Bukan hanya menambah tinggi badan, bagi orang yang sudah melewati masa pertumbuhan, konsumsi makanan tertentu tetap dapat membantu mempertahankan tinggi badan dengan menjaga tulang, persendian, dan tubuh tetap sehat dan kuat.

Di bawah ini adalah daftar makanan sehat yang bisa membantu menambah tinggi badan dan mempertahankan tinggi badan.

1. Polong-polongan

Polong-polongan adalah sumber protein yang sangat bagus. Menurut penelitian dalam The Journal of Clinical Endocrinology, protein diketahui meningkatkan kadar insulin-like growth factor 1 (IGF-1), yaitu hormon penting yang mengatur pertumbuhan pada anak-anak.

Polong-polongan juga mengandung zat besi dan vitamin B tinggi yang berguna untuk mencegah anemia, suatu kondisi yang ditandai dengan kurangnya sel darah merah yang sehat dalam tubuh.

Zat besi tidak hanya dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan, tetapi menurut Indian Journal of Endocrinology and Metabolism, anemia defisiensi besi juga dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan pada anak-anak. Sehingga, konsumsi polong-polongan saat usia pertumbuhan sangat penting untuk memaksimalkan tinggi badan.

Baca juga: Tips Menambah Tinggi Badan

2. Daging ayam

Dilansir dari laman Healthline, daging ayam bukan hanya kaya protein, tapi juga berbagai nutrisi penting lainnya. Daging ayam mengandung B12 dalam jumlah tinggi, yang sangat penting dalam hal pertumbuhan dan menjaga tinggi badan. Selain itu, daging ayam juga sarat dengan taurin, yang merupakan asam amino yang mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.

Baca Juga :  Apa itu Vaskulitis, Peradangan Penyebab Kematian Pangeran Brunei?

3. Susu

Kalsium adalah mineral yang sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat. Dikutip dari laman Style Craze, susu adalah sumber kalsium yang sangat baik. Selain itu, susu juga mengandung vitamin A yang mengawetkan kalsium dalam tubuh serta protein yang membantu membangun sel-sel dalam tubuh.

Susu adalah minuman yang mudah dicerna dan memfasilitasi penyerapan protein secara maksimal. Untuk memaksimalkan tinggi badan dalam masa pertumbuhan, kamu boleh mengonsumsi 2 hingga 3 gelas susu setiap hari.

4. Ubi jalar

Menurut studi dalam Journal of Clinical Densitometry, ubi jalar sangat kaya vitamin A, yang dapat meningkatkan kesehatan tulang dan membantu memaksimalkan atau mempertahankan tinggi badan. Ubi jalar juga mengandung serat larut dan tidak larut, yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus.

Kesehatan mikrobioma usus sangat baik untuk meningkatkan penyerapan nutrisi guna memastikan individu mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan.

Baca Juga :  Ternyata, Ini Dia 3 Alasan Klepon Perlu Dihindari!

Baca juga: 3 Faktor yang Memengaruhi Tinggi Badan

5. Telur

Telur merupakan superfood yang kaya akan nutrisi. Telur juga kaya akan protein, di mana satu butir telur mengandung sekitar 6 gram protein. Ditambah, telur juga merupakan sumber vitamin dan mineral lain yang penting untuk pertumbuhan, misalnya vitamin D, yang berguna untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan membantu menjaga kesehatan tulang.

Satu studi dalam jurnal PLoS One menemukan bahwa memberikan anak-anak yang kekurangan vitamin D dengan suplemen vitamin D menghasilkan peningkatan pertumbuhan dalam periode 6 bulan. Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Public Health Nutrition yang dilakukan dengan mengamati 874 anak mendapatkan hasil bahwa makan telur secara teratur dikaitkan dengan peningkatan tinggi badan setiap bulan.

Nutrisi memang memainkan peran sentral dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi tinggi bukan hanya dapat meningkatkan kesehatan, tetapi juga membantu mengoptimalkan tinggi badan. Jadi, jika ingin kamu atau buah hatimu tumbuh tinggi dan sehat, jangan lupa perbanyak konsumsi makanan di atas, ya!

Baca juga: Tinggi Badan Berkurang? Waspada, Tanda Tulang Keropos

Sumber:

Ncbi.nlm.nih.gov. Anemia and growth.

Stylecraze.com. Amazing foods and diet for increasing height.

Comment