6 Makanan untuk Membersihkan Paru-paru, Bikin Napas Lega

Menjaga kesehatan paru-paru adalah hal yang krusial. Faktor yang paling memengaruhi kesehatan paru-paru adalah paparan asap rokok dan racun lingkungan, serta konsumsi makanan yang memicu inflamasi.

Selain itu, beberapa gangguan paru-paru, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik, dan fibrosis paru, juga dapat memengaruhi kualitas hidup secara signifikan.Beruntung, modifikasi diet dapat membantu menjaga dan mengurangi gejala kerusakan paru-paru. Ditambah, kandungan nutrisi dalam makanan tertentu telah terbukti sangat bermanfaat bagi fungsi paru-paru.

Baca juga: Ada Banyak Penyebab Sesak Napas, Bukan Hanya Penyakit Paru

Makanan untuk Membersihkan Paru-paru

Berikut adalah daftar makanan yang dapat membantu membersihkan dan meningkatkan fungsi paru-paru dikutip dari laman Healthline dan Respiratory Therapy Zone.

1. Cabe rawit

Cabai rawit adalah bumbu yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di Indonesia. Tidak hanya menambah rasa pedas pada makanan, cabai rawit juga merangsang sekresi sehat di dalam tubuh yang melindungi selaput lendir. Kemampuan ini penting karena paru-paru mengandung jaringan selaput lendir tempat terjadinya pertukaran oksigen dengan karbon dioksida.

Cabai rawit juga mengandung beta-karoten, yaitu antioksidan kuat yang bermanfaat dalam meredakan gejala asma. Kandungan capsaicin dalam cabai rawit juga berguna untuk membantu melawan infeksi, menjaga kesehatan selaput lendir, dan meningkatkan aliran darah. Aliran darah yang sehat merupakan faktor yang meningkatkan nutrisi tambahan ke paru-paru.

2. Bit

Buah bit dan daunnya mengandung senyawa yang dapat mengoptimalkan fungsi paru-paru. Kedua bagian tanaman bit ini kaya akan nitrat, yang memberikan manfaat bagi paru-paru dengan membantu melonggarkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan memaksimalkan pengambilan oksigen.

Baca Juga :  Kenapa Ya Si Kecil Merangkak Mundur?

Mengonsumsi bit dalam bentuk suplemen juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja fisik dan fungsi paru-paru pada orang dengan gangguan paru-paru, seperti COPD dan hipertensi pulmonal, yaitu penyakit yang menyebabkan tekanan darah tinggi di paru-paru.Juga, bit kaya akan magnesium, kalium, vitamin C, dan antioksidan karotenoid, yang semuanya penting untuk kesehatan paru-paru.

Baca juga: 9 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

3. Labu

Daging labu yang berwarna cerah mengandung berbagai senyawa yang meningkatkan fungsi paru-paru, seperti, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang semuanya memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

Tingginya kadar karotenoid dalam darah juga dikaitkan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik pada individu berusia muda maupun tua.Selain itu, para perokok mungkin akan memperoleh manfaat yang signifikan dari konsumsi labu maupun makanan kaya karotenoid lainnya.

4. Buah beri

Buah beri merupakan sumber antioksidan yang kaya, sehingga memberikan banyak manfaat bagi paru-paru. Beberapa jenis buah beri lezat yang bisa kamu tambahkan ke makanan adalah acai, blueberry, cranberry, anggur, dan stroberi. Selain dengan mengonsumsi buah beri secara langsung, kamu juga dapat manfaat ini dengan memasukkan konsumsi beri dalam bentuk suplemen ke dalam rutinitas harian.

5. Teh hijau

Teh hijau merupakan minuman yang terkenal memiliki berbagai efek mengesankan bagi kesehatan. Salah satunya adalah kandungan Epigallocatechin gallate (EGCG), yaitu katekin yang terkonsentrasi dalam teh hijau. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang mampu menghambat fibrosis atau jaringan parut. Fibrosis paru adalah penyakit yang ditandai dengan adanya jaringan parut yang progresif pada paru-paru yang dapat menyebabkan terganggunya fungsi paru-paru.

Baca Juga :  Garuk Telinga saat Tenggorokan Gatal? Yuk, Pelajari Body Hacks Lainnya!

Baca juga: Beda Jenis Beda Manfaatnya, Yuk Cari Tahu Manfaat Kesehatan Setiap Jenis Teh

6. Tiram

Tiram merupakan makanan lezat yang sarat akan nutrisi yang penting untuk kesehatan paru-paru. Beberapa nutrisi tersebut adalah, selenium, tembaga, seng, dan vitamin B. Individu yang memiliki kadar selenium dan tembaga yang lebih tinggi menunjukkan fungsi paru-paru yang lebih baik, dibandingkan dengan individu yang memiliki tingkat selenium dan tembaga yang lebih rendah.

Selain itu, tiram juga menyediakan vitamin B dan seng, nutrisi yang sangat penting bagi perokok. Sebab, aktivitas merokok akan menghilangkan vitamin B tertentu, termasuk vitamin B12. Dan kandungan asupan seng yang lebih tinggi dalam tiram dapat membantu melindungi perokok dari pengembangan COPD.

Demikianlah makanan yang bermanfaat untuk membersihkan paru-paru. Selain dengan perbanyak konsumsi makanan di atas, kamu juga bisa menerapkan langkah lainnya untuk mengoptimalkan pembersihan paru-paru, seperti melakukan latihan pernapasan, menghirup udara segar, menjauhi pewangi artifisial, dan tentunya menjauhi asap rokok.

Baca juga: Kenali EVALI, Penyakit Paru Akibat Rokok Elektronik

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/lung-cleansing-foods#2.-Peppers

https://www.respiratorytherapyzone.com/foods-for-healthy-lungs/

Comment