by

6 Makanan yang Berdampak Negatif bagi Kesehatan Paru-paru, Batasi Konsumsinya!

Menjaga paru-paru tetap sehat adalah suatu keharusan. Dengan demikian, paru-paru akan menjadi tangguh dan tidak mudah terserang penyakit. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru, seperti menjauhi rokok, berolahraga, dan meminimalkan paparan polusi udara.

Tapi selain itu, diet juga dapat berperan besar. Beberapa makanan mungkin memiliki dampak positif bagi kesehatan paru-paru, tapi sebagian lainnya bisa memberikan dampak yang sebaliknya. Berikut ini daftar makanan terburuk untuk paru-paru sehingga harus dibatasi demi menjaga kesehatan paru-paru.

Baca juga: Batuk Karena Bronkitis, Kenali Penyebab dan Gejalanya

1. Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana, seperti tepung putih dan gula olahan memiliki efek yang buruk bagi kesehatan paru-paru. Sebab, makanan ini memicu inflamasi dan memberatkan pekerjaan di bagian paru-paru untuk dimetabolisme.

Diet tinggi karbohidrat memungkinkan tubuh memproduksi lebih banyak karbon dioksida, yang bukanlah sebuah hal baik bagi paru-paru. Peradangan tambahan pada karbohidrat olahan juga dapat menyebabkan saluran udara menegang dan menghasilkan dahak.

Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Chest juga menunjukkan adanya hubungan antara penyakit celiac dan penyakit paru-paru, di mana intoleransi gluten dapat muncul sebagai masalah paru-paru.

2. Es krim

Es krim merupakan salah satu makanan penutup favorit banyak orang. Sayangnya, produk susu dapat meningkatkan produksi lendir, terutama di saluran pernapasan. Hal ini menjadikan produk susu sebagai salah satu makanan yang harus kita kurangi selama musim dingin dan flu.

Jadi, jika kamu mengalami batuk yang terus-menerus memburuk setelah konsumsi es krim dan produk susu lainnya, dahak berlebihan, iritasi sinus, atau hidung tersumbat, coba hentikan konsumsi produk susu dan lihat bagaimana perubahannya.

Baca juga: Ada Banyak Penyebab Sesak Napas, Bukan Hanya Penyakit Paru

3. Kerang

Kerang bisa menyebabkan alergi pada anak-anak, tetapi orang dewasa juga dapat mengembangkan alergi ini. Jika kamu memiliki masalah alergi dengan makanan laut, sebaiknya hindari hidangan kerang, tiram, kepiting, udang karang, lobster, remis, dan udang. Waspadai juga kerang tersembunyi dalam produk lainnya dan waspadai kontaminasi silang. Tidak seperti alergi telur, alergi kerang biasanya tetap ada sepanjang hidup.

4. Brokoli

Dalam beberapa kasus, brokoli sebenarnya memiliki manfaat bagi paru-paru berkat kandungan antioksidannya yang tinggi dan potensi anticarcinogenic. Hanya saja, brokoli termasuk sayuran yang memiliki kecenderungan untuk menyebabkan kembung, yang dapat berkontribusi pada kesehatan paru-paru yang buruk, mislanya sesak napas.

Faktanya, ada beberapa makanan sehat yang memiliki efek negatif jika dimakan dalam jumlah tertentu, misalnya brokoli yang bisa menyebabkan kembung. Sehingga, beberapa makanan sehat perlu dibatasi konsumsinya. Selain brokoli, beberapa sayuran lain yang juga bisa memicu kembung adalah kembang kol, kubis, pokcoy, dan kangkung.

5. Alkohol

Alkohol, apapun bentuknya, tidak bagus untuk kesehatan paru-paru, utamanya anggur merah sulfit atau koktail yang mengandung gula, karena keduanya dapat menyebabkan peradangan. Begitu pula dengan bir.

Makanan yang mengandung gas dan berkarbonasi dapat menyebabkan kembung, dada sesak, hingga serangan asma. Selain itu, alkohol juga berkontribusi terhadap dehidrasi, sehingga perlu dihindari demi kesehatan paru-paru.

6. Keripik

Keripik kentang mengandung lemak jenuh dan garam dalam jumlah yang tinggi, keduanya tidak baik untuk kesehatan secara umum, termasuk kesehatan paru-paru. Lemak trans dan lemak jenuh berkontribusi pada kesehatan jantung, yang berhubungan langsung dengan kesehatan paru-paru. Garam juga dapat meningkatkan tekanan darah, dan konsumsi garam terus menerus dengan dosis yang lebih tinggi dapat merusak kesehatan jantung.

Lebih lanjut, garam juga bisa berdampak buruk bagi paru-paru, terutama bagi individu yang sudah memiliki masalah paru-paru yang mendasari seperti penyakit paru obstruktif kronik dan penyakit jantung. Ini karena garam menyebabkan retensi air, yang dapat mengeluarkan cairan ke dalam paru-paru dan membuatnya lebih sulit bernapas. Jadi, demi kesehatan paru-paru, sebaiknya batasi konsumsi semua makanan di atas. Terutama bagi kamu yang sudah memiliki riwayat masalah paru-paru.

Baca juga: 6 Makanan untuk Membersihkan Paru-paru, Bikin Napas Lega

Sumber:

Eatthis.com. Lungs-worst-foods

Health.com. 13-best-and-worst-foods-for-your-lungs

Comment

News Feed