by

Makanan Terbaik untuk Kesehatan Reproduksi Pria

Pria dan wanita berbeda dalam segala hal, termasuk kebutuhan nutrisinya. Sama seperti wanita yang memerlukan nutrisi khusus selama kehamilan, pria juga membutuhkan nutrisi yang bisa membantu mereka mempertahankan massa otot, mencegah kanker prostat, serta memiliki jumlah dan kualitas sperma baik. Namun, makanan yang cenderung menjadi favorit di kalangan pria bukanlah pilihan terbaik untuk kesehatan mereka.

Ahli nutrisi dari Amerika Serikat, dr. Christine Gerbstadt, RD, mengungkapkan bahwa, makanan apa pun yang baik untuk sistem kardiovaskular pria, baik juga untuk fungsi ereksi pada pria. “Nutrisi yang baik untuk jantung meningkatkan sirkulasi ke seluruh tubuh, memberikan lapisan perlindungan terhadap kanker dan penyakit kronis lainnya,” kata Christine, dokter yang juga juru bicara American Dietetic Association.

Makanan yang dikonsumsi seorang pria sangat penting untuk kesehatan seksual, dari kekuatan ereksi hingga motilitas sperma. Penelitian menunjukkan bahwa, beberapa nutrisi tertentu telah memberikan manfaat positif pada kinerja testis dan penis. Ya, makanan tertentu berpotensi meningkatkan jumlah dan kualitas sperma lho!

Baca juga: Wah, Seledri Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria Lho!

Makanan Terbaik untuk Kesehatan Reproduksi Pria

Inilah beberapa makanan terbaik untuk kesehatan reproduksi pria:

1. Kacang Brazil

Tidak banyak yang tahu kalau kacang brazil bermanfaat untuk penis. Selenium, trace mineral yang ditemukan pada kacang brazil, berperan penting dalam keseimbangan hormon. Pria hanya membutuhkan sedikit selenium untuk memiliki sperma sehat.

Namun, jika seorang pria kekurangan selenium, bisa menyebabkan masalah bagi kesehatan reproduksi. Dalam sebuah penelitian, pria yang memiliki testosteron lebih rendah dan tidak subur, dikaitkan dengan tingkat selenium yang lebih sedikit. Selain itu, kacang brazil mengandung lemak sehat yang bisa membuat pria kurus!

2. Bayam

Sayur bayam kaya akan magnesium, mineral yang mengurangi peradangan pada pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. “Bagi pria, aliran darah adalah segalanya. Peningkatan aliran darah mendorong darah ke ekstremitas, yang seperti Viagra®, dapat meningkatkan gairah dan membuat seks lebih menyenangkan,” kata dr. Cassie Bjork, RD, LD, ahli nutrisi dari Healthy Simple Life. Selain itu, bayam kaya akan folat yang dapat meningkatkan aliran darah ke bagian bawah, yakni penis.

3. Semangka

Buah-buahan yang kaya akan L-citrulline, asam amino yang dapat membantu membuat ereksi menjadi lebih keras. Di dalam tubuh, L-citrulline akan diubah menjadi L-arginine yang dapat merangsang produksi oksida nitrat, meningkatkan aliran darah ke penis, dan juga memperkuat ereksi.

Baca juga: Gairah Seksual Pria Semakin Meredup Di Usia 40 Tahun

4. Tiram

Salah satu manfaat zinc atau seng yang terkandung pada tiram ialah memperbaiki sel. Penelitian menunjukkan bahwa, pria yang mengonsumsi makanan mengandung seng bisa terlindung dari kerusakan sel yang menyebabkan kanker prostat.

“Fungsi seksual dari sistem reproduksi pria, termasuk peningkatan jumlah sperma, dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan mengandung seng,” kata Dave Grotto, RD, ahli nutrisi di American Dietetic Association. Asupan harian seng yang direkomendasikan sebanyak 11 miligram.

5. Pesto

Bahan utama saus pesto adalah kacang pinus. Itulah kenapa, saus hijau ini kaya akan seng. Pria dengan kandungan seng lebih tinggi dalam sistem tubuh telah terbukti memiliki dorongan seks yang lebih tinggi. Selain itu, kacang pinus merupakan sumber magnesium yang bisa meningkatkan testosteron serta menjaga kualitas sperma tetap sehat dan layak, menurut penelitian yang terbit di International Journal of Endocrinology.

6. Delima

Penelitian yang terbit di International Journal of Impotence Research menemukan bahwa jus buah delima kaya akan antioksidan yang mendukung aliran darah dapat memperbaiki disfungsi ereksi. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa jus buah delima bisa meningkatkan respons ereksi jangka panjang. So, gak ada salahnya dicoba, Gengs!

Baca juga: Pria Juga Perlu Diet. Inilah Diet Terbaik untuk Pria!

Referensi:

Eat This, Not That! 50 Best Foods for Men

Motherly. 8 foods that increase sperm count (and 5 to avoid)

MedicineNet. Food for Men: 10 Foods to Boost Male Health

Comment

Terbaru