by

Terungkap, Layar iPhone 12 Series Terbaru Disokong Samsung dan LG

KalbarOnline.com – Beberapa hari yang lalu, Apple akhirnya meluncurkan smartphone seri iPhone 12 yang ditunggu-tunggu. Semua perangkat iPhone 12 Series terbaru Apple itu hadir dengan dukungan konektivitas 5G.

Selain itu 5G, untuk pertama kalinya, semua model iPhone 12 terbaru kini hadir dengan menampilkan layar OLED. Seluruh model iPhone 12 tersebut adalah iPhone 12 Mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max. Ponsel ini hadir dalam tiga ukuran layar berbeda – 5,4 inci, 6,1 inci, dan 6,7 inci.

Terkait dengan seri iPhone 12 terbaru yang seluruhnya menggunakan panel layar OLED, kembali terungkap bahwa panel-panel tersebut masih merupakan panel layar besutan vendor lain. Untuk menopang layar di perangkat iPhone 12 Series terbaru, diketahui bahwa Apple menggandeng Samsung Display dan LG Display untuk memasok panel layar.

Sesuai laporan, LG Display telah memasok panel untuk model layar 6,1 inci, yaitu iPhone 12 dan iPhone 12 Pro. Sedangkan panel untuk dua model lainnya yakni iPhone 13 Mini 5,4 inci dan iPhone 12 Pro Max 6,7 inci telah disediakan oleh Samsung Display.

Dilansir via Gizmochina, raksasa teknologi yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) itu diperkirakan akan memproduksi sekitar 70 juta unit model Apple iPhone 12 hingga akhir tahun ini. Dengan tambahan 10 persen sebagai cadangan, Samsung dan LG diharapkan menyediakan sekitar 80 juta unit panel OLED.

Dalam hal ini, porsi panel dari Samsung Display lebih banyak dibandingkan dengan LG Display. Sementara LG diharapkan menyediakan 20 juta unit, Samsung dapat menyediakan sekitar 60 juta unit panel OLED ke Apple.

Angka tersebut merupakan peningkatan yang signifikan untuk LG Display yang tahun lalu hanya menyediakan 5 juta unit panel display kepada Apple. Samsung, di sisi lain, telah menyediakan sekitar 50 juta unit.

Merek lain BOE yang berbasis di Tiongkok juga mencoba menjadi pemasok panel OLED ke Apple tetapi tidak disetujui pada upaya pengajuan pertama. Namun, ada laporan yang menunjukkan bahwa BOE dapat memberikan panel ke Apple akhir tahun ini atau tahun depan.

Bagi mereka yang tidak tahu, Apple pertama kali mengadopsi layar OLED pada tahun 2017 dengan iPhone X. iPhone 11 memiliki dua model yang menggunakan panel OLED, Pro dan Pro Max. Namun kali ini, keempat model dalam jajaran tersebut telah mengadopsi layar OLED, bukan LCD.

Comment

News Feed