by

Agar Terhindar Covid-19, Orang Tua Wajib Jaga Psikologis Anaknya

KalbarOnline.com – Kondisi psikolagis anak dianggap sangat berpengaruh terhadap imunitas tubuh. Karena itu, setiap orang tua harus mampu memberikan stimulus positif agar anak dapat mengurangi stres agar terhindar dari Covid-19.

“Sekali lagi ini fakta. Kita harus ambil hikmahnya agar kita juga tetap optimis dan tidak kehilangan harapan,” kata Praktisi Keluarga dan Anak Dr. Seto Mulyadi, Minggu (4/10).

Pria yang akrab disapa Kak Seto ini memberikan tips bagaimana keluarga terutama anak dan orang tua tetap beraktivitas dan berkreasi dengan riang gembira di masa pandemi Covid-19 saat ini. Menurutnya, orang tua harus membangun suasana rumah menjadi menyenangkan bagi anak.

“Orangtua harus berani berubah lebih tenang, sabar, gembira, dan penuh rasa syukur. Dengan begitu kita memposisikan jadi sahabat anak-anak,” ucap Kak Seto.

  • Baca Juga: Kota Bogor Siap Jadi Tempat Uji Coba Vaksinasi Covid-19

Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) ini menyebut, orang tua harus menyadari setiap orang mempunya daya adaptasi, kemampuan menyesuaikan diri. Menurutnya, penyesuaian ini sangat penting terutama dalam menghadapi anak yang biasanya bertemu teman di sekolah.

Kak Seto juga meminta agar setiap orang tua dapat mengapresiasi setiap bakat dan potensi anak. Dia menuturkan, anak tidak harus selalu dibawa ke ranah akademik untuk membangun kemampuannya.

“Paling tidak apresiasi dari orang tua terhadap potensi setiap anak yang mampu menumbuhkan perasaan percaya diri, bangga menjadi diri sendiri,” ujar Kak Seto.

“Jadi hargai setiap anak itu, unik, otentik dan tidak terbandingkan setiap anak istimewa, di situ anak merasa nyaman dalam keluarga,” pungkasnya.

Comment

News Feed