Dinkes Sekadau Laksanakan Pemeriksaan Swab dan Rapid Tes Siswa dan Guru di Belitang Hilir

Dinkes Sekadau Laksanakan Pemeriksaan Swab dan Rapid Tes Siswa dan Guru di Belitang Hilir

KalbarOnline, Sekadau – Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau kembali melaksanakan pemeriksaan swab serta rapid test untuk guru dan siswa dalam rangka persiapan sekolah tatap muka. Kali ini pemeriksaan dilakukan terhadap guru dan siswa di SMP Negeri 1 Belitang Hilir dan SMA Negeri 1 Belitang Hilir, Kamis (10/9/2020).

Plt Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB, Henry Alpius mengatakan tujuan dari swab dan rapid test tersebut adalah dalam rangka menjaga daerah Sekadau tetap pada zona hijau.

Baca Juga :  MPR: Kesehatan Mental Merupakan Bagian dari Pertahanan Negara

“Dinkes terus melakukan penjaringan survey dengan pemeriksaan swab dan repid test terutama mengantisipasi uji coba pembelajaran tatap muka bagi sekolah-sekolah,” ujar Henry Alpius kepada wartawan, Jumat (11/9/2020).

Henry menjelaskan jika ada siswa yang reaktif dalam hasil rapid tes, maka langsung akan dilakukan pemeriksaan swab.

“Di SMP Negeri 1, ada 2 orang yang reaktif sedangkan di SMA Negeri 1, ada 7 orang yang reaktif langsung kita swab,” jelasnya.

Untuk itu, Henry terus mengimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga :  Sudah Minum Herbal dari Dukun, Menkes Srilanka Tetap Kena Covid-19

“Dengan menerapkan 3M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, serta mejaga jarak dan menghindari kerumunan,” pungkas Henry.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, guru dan siswa yang ada di Belitang Hilir yang menjalani pemeriksaan swab maupun rapid test yakni SMP Negeri 1 Belitang Hilir sebanhak 107 orang siswa dengan hasil reaktif sebanyak dua siswa. Guru sebanyak 22 orang. Sementara SMA Negeri 1 Belitang Hilir sebanyak 156 orang siswa dengan hasil tujuh reaktif, guru 32 orang yang menjalani pemeriksaan swab dan jumlah petugas ada 36 orang.

Comment