Sony Rilis Alat Baru untuk Ubah Kamera Biasa jadi Webcam

KalbarOnline.com – Pandemi Covid-19 membuat banyak sektor bisnis dan perkantoran masih menerapkan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Hal tersebut demi memutus mata rantai penularan Covid-19. Dengan WFH, orang bekerja secara daring menggunakan platform video conference.

Bagi sebagian kalangan, menggunakan platform video conference biasa dengan alat standar semisal smartphone atau webcam di PC atau laptop mungkin sudah cukup. Namun bagi para profesional yang menginginkan kualitas lebih baik, tak sedikit yang mengubah kamera konvensional menjadi perangkat webcam untuk gambar yang lebih jernih.

  • Baca juga: Berdasar Paten, Sony Dikabarkan Tengah Garap PS5 Pro

Mengubah kamera konvensional menjadi webcam sendiri memang dimungkinkan. Dengan catatan, ada sejumlah kit serta perangkat lunak tambahan baik dari kamera atau perangkat terkoneksi lainnya seperti PC atau laptop atau bahkan smartphone.

Baca Juga :  Indosat Menurunkan Mobil Klinik Ke Daerah Darurat Bencana

Tren ini tampaknya yang ingin ditangkap Sony. Sony merilis alat untuk mengubah kamera konvensional untuk menjadi perangkat webcam.

Dalam beberapa bulan terakhir, berbagai pembuat kamera seperti Fujifilm, Canon, dan Olympus merilis perangkat lunak untuk komputer yang dengan mudah mengubah kamera menjadi kamera web tanpa memerlukan perangkat lunak pihak ketiga atau perangkat lainnya. Sony pun tak ketinggalan.

Ilustrasi: Mengubah kamera konvensional menjadi webcam dengan mudah. (Sony)

Sony telah merilis perangkat lunak Imaging Edge Webcam yang akan mengubah kamera Sony yang kompatibel menjadi webcam dengan cepat dan mudah. Yang perlu dilakukan hanyalah mengunduh perangkat lunak dari situs web Sony, menghubungkannya ke komputer dan siap menggunakannya.

Baca Juga :  Supervillain Utama Spider-Man Muncul dalam Trailer Perdana 'Kraven The Hunter'

Dilansir dari laman resmi Sony, untuk saat ini, perangkat lunak hanya mendukung Windows 10. Belum diketahui apakah ada rencana untuk mendukung macOS. Salah satu kelebihan perangkat lunak Sony dibandingkan dengan kompetitornya adalah mendukung kamera yang lebih beragam. Sedangkan beberapa perangkat lunak lain tampaknya hanya mendukung model unggulan kelas atas.

Perangkat lunak Sony Imaging Edge Webcam akan mendukung kamera E-mount dan A-mount, bersama dengan berbagai kamera saku besutan mereka. Ini tentunya akan memudahkan para pemilik kamera Sony untuk mengubah kamera konvensional menjadi webcam dan menggunakannya untuk kebutuhan WFH saat ini.

Comment