by

FE 35 Mm F1.4 GM, Lensa Baru Sony untuk Seri Full-Frame G Master

KalbarOnline.com – Sony Indonesia resmi memperkenalkan lensa FE 35 mm F1.4 GM (model SEL35F14GM). Lensa tersebut adalah tambahan terbaru dari seri lensa full-frame G Master andalan Sony yang diklaim bakal menyajikan kualitas gambar kelas atas dan bokeh yang indah untuk lensa berdesain ringkas dan ringan.

Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia menyampaikan, lensa FE 35 mm F1.4 GM ini merupakan lensa yang harus dimiliki oleh para pengguna kamera E-mount Sony, khususnya pengguna kamera mirrorless full-frame dan jajaran Cinema Line.

“Hal tersebut lantaran jika digabungkan dengan bodi kamera Sony, lensa ini dapat menghasilkan kemampuan pemfokusan terdepan yang sangat cocok untuk berbagai penggunaan, seperti pemotretan lanskap, portrait dan street photography, baik still maupun video,” ungkap Makiyama.

Dia melanjutkan, dengan resolusi istimewa dan teknologi fokus pintar, dibungkus oleh desain yang kecil dan ringan, FE 35 mm F1.4 GM merupakan lensa esensial yang tidak akan mengurangi kualitas gambar. Lensa anyar Sony ini dikatakan membawa desain optik terdepan untuk teknologi manufaktur yang dimiliki oleh Sony.

Secara dimensi, lensa ini hadir dengan berat hanya 524 gram, lensa ini memiliki diameter 76 mm x 96 mm dengan diameter filter 67 mm. Kemudian, dua elemen XA (extreme aspherical) dapat secara efektif mempertahankan resolusi yang luar biasa di seluruh area gambar.

Sementara untuk teknisnya, lensa FE 35 mm F1.4 GM disebut mampu menghasilkan bukaan (aperture) yang nyaris melingkar berkat adanya konstruksi 11-blade (bilah) level kualitas yang langka untuk lensa mobile. Kontrol aberasi melingkar yang dibuat secara teliti pada tahap desain dan produksi berkontribusi pada bokeh G Master yang indah, membuat subyek jadi benar-benar menonjol.

Lensa ini juga memiliki dua elemen XA inovatif yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar close-up dengan latar belakang bokeh yang halus dan creamy. Kombinasi antara bukaan maksimum F1.4 dan fleksibilitas untuk memilih jarak pemotretan yang sempurna (jarak pemfokusan minimum 27 cm dengan pembesaran maksimum 0.23 x pada mode autofokus), memungkinkan kontrol luar biasa dan bokeh yang indah saat pemotretan still dan perekaman video.

Kemudian, terdapat dua motor linear XD (extreme dynamic) Sony yang dikatakan bisa memberikan efisiensi thrust tinggi yang dibutuhkan untuk ketepatan AF (autofokus) dan pelacakan, memberikan hasil resolusi luar biasa pada jarak berapa pun.

Algoritma kontrol canggih yang dikembangkan khusus untuk motor linear XD dapat meningkatkan respon kontrol dan presisi, sekaligus meminimalisir getaran serta noise untuk performa Auto Fokus (AF) yang cepat, halus dan sunyi. Pemfokusan terdepan juga dapat tercapai saat pemotretan pada frame rate yang tinggi.

Selain itu, Manual Fokus (MF) Respons Linear juga disebut sangat ideal untuk efek pemfokusan kreatif pada saat merekam video, karena teknologi ini dapat memastikan ring fokus untuk merespon kontrol halus saat pemfokusan manual. Rotasi ring fokus dapat langsung diterjemahkan ke perubahan fokus yang sesuai, sehingga pengguna dapat merasakan kontrol yang cepat dan tepat.

Untuk harga dan ketersediaan, pihak Sony Indonesia menyebut kalau lensa FE 35 mm F1.4 GM akan segera tersedia di Indonesia mulai bulan Februari 2021 dengan harga Rp 22.999.000. Pemesanan secara pre-order dapat dilakukan mulai tanggal 21 Januari-7 Februari 2021 di seluruh Sony Authorized Dealers dan offline stores.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed