by

Sony Akhirnya Konfirmasi User Interface pada PlayStation 5

KalbarOnline.com – Beberapa pekan lalu, kendati sudah berani mengundang terbatas beberapa awak media Jepang untuk menjajal konsol Sony PlayStation 5 (PS5), Sony masih malu mengungkapkan antarmuka atau User Interface (UI) pengguna PS5. Tetapi kini, Sony akhirnya siap untuk menunjukkannya.

Sony belum lama ini telah mem-posting tampilan pertama pengalaman UI PS5 di akun YouTube resminya. Pratinjau tersebut menunjukkan pada kita apa yang akan kita lihat pada UI di PS5.

Yang paling kentara adalah UI ‘Home’ yang familiar. Di bagian tersebut kini hadir dengan penyesuaian untuk tampilan dengan resolusi 4K. Ada juga ‘Control Center’ atau pusat kontrol baru yang kini menyediakan akses cepat ke banyak fitur termasuk bantuan (Help) untuk game yang sedang dimainkan.

Game dan aplikasi di Control Center dan layar utama juga akan menampilkan ‘Activity’ atau aktivitas, seperti pencapaian game dan peluang buat para gamers yang ditampilkan dalam bentuk ‘Card’.

Di situ, gamers tidak hanya akan melihat kemajuan mereka atas level dan misi tertentu, tetapi juga memiliki opsi panduan dan petunjuk bebas spoiler (jika mereka terdaftar sebagai anggota PlayStation Plus). Gamers juga bahkan dapat menampilkan beberapa Card dalam tampilan gambar-dalam-gambar (Picture-in-Picture) atau PiP untuk menawarkan bantuan saat mereka bermain. Di UI terbaru ini, fitur messaging atau perpesanan, screenshot atau tangkapan layar dan video juga diklaim lebih cepat.

Para pengguna PS5 juga kini dapat menggunakan dikte suara untuk chat, dan pesan. Mereka juga dapat menyertakan peringatan spoiler jika seseorang membagikan gambar yang berpotensi merusak pengalaman bermain game orang lain misalnya membagikan gambar atau scene permainan yang belum mereka mainkan.

Di layar utama, terdapat juga bagian ‘Explore’ atau jelajahi yang menyediakan banyak cerita dari PlayStation, game, dan komunitas di dalam game. Namun sayangnya, fitur ini pada tahap awal tampakyhanya akan tersedia di pasar-pasar tertentu dari Sony misalnya di Amerika Serikat (AS) saja.

Untuk UI PS5 sendiri bukan sesuatu yang paling ditunggu dari kehadiran konsol game baru Sony ini. Meski begitu, sebagai konsol baru, konsol ini dan UI-nya yang baru telah disesuaikan untuk TV beresolusi tinggi dan kecepatan penyimpanan berbasis SSD. Meski tak banyak membawa perubahan, paling tidak ini akan memberi para gamers gambaran tentang apa yang diharapkan ketika mereka membeli dan mulai memainkan Sony PS5 untuk pertama kalinya. (*)

Berikut ini link video Sony ungkap UI PlayStation 5:

Comment

News Feed