Walaupun Cuma Tes Internal, Tapi Suasananya Seperti Turnamen Sungguhan

KalbarOnline.com – PB PABBSI terus mencari cara agar lifter tidak bosan berlatih tanpa ada kejuaraan. Salah satu caranya, induk organisasi angkat besi tanah air itu mengadakan tes internal.

Manajer Alamsyah Wijaya mengatakan, tes tersebut bakal berbeda dengan tes angkatan yang biasa digelar sebelumnya. Ya, dalam kondisi normal, tiap bulan Eko Yuli Irawan dkk memang menjalani tes angkatan agar dapat dilihat perkembangannya. ’’Kali ini, yang bikin beda, kami buat suasana seperti turnamen sungguhan,’’ jelas Alamsyah.

Dia menambahkan, dalam angkat besi memang minim kontak antarlifter. ’’Tetapi, kami tetap melakukan tes sesuai protokol kesehatan. Saat tes, akses ke pelatnas juga dibatasi,’’ ungkapnya.

Baca Juga :  Lifter Terbaik Indonesia Sangat Fokus untuk Raih Emas Olimpiade Tokyo

Tes internal akan dilakukan pada pekan terakhir tiap bulan. Bulan lalu mereka menggelar tes angkatan. Itu tes pertama yang digeber sejak pandemi Covid-19.

Selanjutnya, PB PABBSI ingin melakukan yang berbeda.

Biasanya dalam tes angkatan, para lifter harus menunjukkan progres yang bagus. Sebab, tes juga menjadi penilaian sebelum mengikuti kejuaraan. Sekaligus menjadi ajang promosi degradasi atlet. Sedangkan dalam tes internal nanti, kata Alamsyah, lifter tidak dibebani target khusus.

Baca Juga :  Barisan Juara Dunia Junior dari Indonesia Bisa Meledak di Olimpiade

’’Saya pikir terlalu kejam ya kalau diharuskan ada target. Apalagi dengan kondisi seperti ini,’’ kata Alamsyah. ’’Ini lebih untuk menjaga suasana latihan agar tidak bosan saja, juga pengaruh ke mental atlet,’’ imbuhnya.

Tetapi, Alamsyah mengatakan, para lifter secara otomatis sudah memiliki target masing-masing. ’’Tiap atlet selalu ada jiwa kompetisinya. Kami harus menjaga agar mereka tidak kehilangan competition touch-nya,’’ tandas dia.

Comment