MediaTek Rilis Chip Ultra-low Pertama untuk Data Center dan Terkait 5G

KalbarOnline.com – Pabrikan System on Chip (SoC) MediaTek ambil bagian terkait 5G dengan membesut chip ultra low pertama untuk data center dan infrastruktur 5G. Chip yang diumumkan untuk ketersediaan komersil adalah lini chip MT3729, MACsec retimer PHY 800GbE (400GbE port ganda) yang diklaim dirancang untuk kebutuhan transmisi data ultra-cepat dan daya ultra-rendah dari data center dan infrastruktur 5G.

Lini MT3729 dikatakan dibuat menggunakan teknologi 56G PAM4 SerDes yang terkemuka dari MediaTek. Tersedia sebagai bagian standar spesifik-aplikasi standalone (ASSP standalone application-specific standard part). Ini merupakan perlengkapan jaringan dan penyedia layanan Tier-1 untuk menyediakan transfer data aman, andal, dan berkecepatan tinggi bagi infrastruktur jaringan modern.

Permintaan data center untuk jaringan 400GbE dan lebih tinggi diperkirakan akan bertumbuh tinggi hingga akhir 2020 dan akan mencakup lebih dari 25 persen pengapalan hingga 2024. Lini produk MT3729 ideal untuk line card atau switch fabric guna membangun server. Switch dan router jaringan multi-terabit dengan sambungan data kecepatan-tinggi aman dan fitur-fitur timestamping precision time protocol (PTP) Class-C yang sangat akurat.

Baca Juga :  MediaTek Uji Publik Koneksi Data IoT Satelit 5G dengan Inmarsat

“MediaTek menjawab kebutuhan yang semakin tinggi akan infrastruktur jaringan generasi berikut di bandwidth tinggi, daya ultra-rendah dan keamanan yang kokoh. Melanjutkan teknologi 56G PAM4 SerDes yang pertama di industry ini, kami mengumumkan generasi pertama lini produk MT3729 800GbE MACsec PHY,” kata Jerry Yu, Corporate Senior Vice President, MediaTek melalui keterangan tertulisnya kepada KalbarOnline.com.

Menurutnya lini produk MT3720 dibuat menggunakan enkripsi berbasis MACsec paling canggih di industri untuk komunikasi aman. Selain timestamping PTP yang sangat akurat untuk ketepatan waktu yang lebih baik, yang dibutuhkan oleh infrastruktur backhaul nirkabel 5G.

Lini produk MT3729 menawarkan empat modus operasi yang berbeda yakni Modus Retimer yang berupa teknologi penguatan sinyal tertanam yang memperpanjang jarak koneksi dan transmisi SerDes ke edge untuk timestamping yang lebih tepat. Selanjutnya ada juga Modus Gearbox Maju/Mundur sebagai dukungan untuk translasi bitrate antara 56G dan 28G memampukan switch-switch generasi berikut untuk dengan mudah terhubung dengan infrastruktur yang sudah ada.

Baca Juga :  Cara Platform Cari Kerja Asah Kemampuan Pengguna Selama Pandemi

Kemudian, modus lainnya yakni Modus MUX/DeMUX atau perpindahan MUX dan broadcast hitless menjawab persyaratan redundansi jaringan. Terakhir Modus MACsec yang berupa bdukungan MACsec IEEE 802.1AE memampukan Komunikasi aman dengan enkripsi AES-128 dan AES 256 dari 1G hingga 400G per port.

Lini produk MT3729 mendukung hingga 16 sambungan bi-directional di 56G PAM4, hingga 28G NRZ SerDes dan 1G SGMII. Karena jaringan-jaringan 5G akan mensyaratkan sinkronisasi timing yang lebih ketat, lini MT3720 mendukung IEEE 1588v2 dan SyncE hingga Class-C untuk akurasi yang lebih tinggi dan lebih fleksibel dengan format timestamping.

Comment