Tiadakan Kantong Plastik Untuk Wadah Daging Kurban

Tiadakan Kantong Plastik Untuk Wadah Daging Kurban

Penerima Daging Kurban Diimbau Bawa Wadah Sendiri

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka mengurangi sampah plastik, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengimbau kepada seluruh panitia kurban Idul Adha 1441 Hijriyah untuk tidak menggunakan kantong plastik sebagai wadah untuk pembagian daging kurban. Masyarakat yang menerima daging kurban diharapkan membawa wadah sendiri dari rumah.

“Sebagai alternatif bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah terurai atau organik seperti daun pisang, anyaman bambu atau wadah lain yang dapat digunakan secara berulang-ulang,” ujarnya, Selasa (28/7/2020).

Baca Juga :  Edi : Gelorakan Semangat Patriotisme

Sebagaimana yang tertuang dalam surat edaran nomor 42/DLH/TAHUN 2020, imbauan ini dalam rangka pelaksanaan program pengurangan sampah plastik sebagai sumber penghasil sampah. Diakuinya, meskipun kantong plastik dinilai lebih praktis namun juga berdampak pada lingkungan. Betapa tidak, plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk bisa terurai.

“Kami mengimbau kepada panitia kurban pada Hari Raya Idul Adha 1441 H untuk dapat mendukung program ini dengan tidak menggunakan kantong plastik,” ucapnya.

Baca Juga :  Kuasa Hukum Jan Purdy Rajagukguk Minta Semua Oknum Terlibat Korupsi PTPN XIII Diseret ke Meja Hijau

Edi menambahkan, kebijakan ini juga merupakan petunjuk dari pemerintah pusat terkait mengurangi penggunaan kantong plastik. Secara teknis, lanjutnya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak akan melakukan sosialisasi termasuk alternatif pengganti kantong plastik untuk wadah daging kurban.

“Intinya penerima daging kurban membawa tempat sendiri,” tutupnya. (jim/prokopim)

Comment