by

Berapa Banyak Harus Minum Air Putih Dalam Sehari?

Tubuh terdiri dari 60% cairan. Cairan tersebut setiap saat keluar dari tubuh lewat urine maupun keringat. Jadi untuk mencegah kekurangan cairan atau dehidrasi, kita perlu minum air yang cukup. Lalu, berapa kali kita harus minum air putih dalam sehari?

Ada banyak opini yang berbeda-beda tentang berapa kali kita harus minum air putih dalam sehari. Beberapa ahli merekomendasikan untuk minum air 2 liter atau 8 gelas per hari. Namun, ada beberapa ahli juga yang berpendapat bahwa kita perlu sering-sering minum air putih dalam sehari, bahkan di saat sedang tidak merasa haus sekali pun. Sebenarnya, berapa kali kita harus minum air putih dalam sehari itu dipengaruhi oleh banyak faktor. Supaya Geng Sehat lebih paham tentang hal ini, baca penjelasan di bawah ini, ya!

Baca juga: Ingin Hidup Sehat? Jangan Lupakan Manfaat Minum Air Mineral Secara Rutin!

Apakah Asupan Cairan Memengaruhi Kadar Energi dan Fungsi Otak?

Banyak orang yang mengklaim bahwa jika kita tidak terhidrasi sepanjang hari, maka kadar energi dan fungsi otak akan menurun. Memang ada beberapa penelitian yang membuktikan hal tersebut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan akibat olahraga atau cuaca panas bisa mengganggu beberapa aspek fungsi otak. Dehidrasi ringan juga bisa memengaruhi performa fisik.

Apakah Minum Banyak Air Putih Membantu Menurunkan Berat Badan?

Ada banyak pihak yang mengklaim bahwa peningkatan asupan air putih bisa mengurangi berat badan dengan cara meningkatkan metabolisme dan menurunkan nafsu makan. Menurut penelitian, minum 500 ml air putih bisa meningkatkan metabolisme sebanyak 14-30% untuk sementara waktu. Ahli dalam penelitian tersebut memperkirakan bahwa minum 2 liter air per hari meningkatkan pengeluaran energi sekitar 96 kalori per hari.

BACA JUGA:  Mums, Begini Lho Proses Terbentuknya ASI

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa minum air dingin kemungkinan lebih baik karena tubuh akan lebih banyak mengeluarkan kalori untuk meningkatkan suhu airnya sesuai suhu tubuh.

Minum air putih sekitar setengah jam sebelum waktu makan juga bisa mengurangi jumlah kalori yang Kamu konsumsi. Satu penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum 500 ml air sebelum waktu makan mengalami penurunan berat badan lebih banyak 44% selama 12 minggu, ketimbang mereka yang tidak minum air putih.

Secara keseluruhan, memang ada kecenderungan bahwa banyak minum air putih, khususnya sebelum waktu makan, bisa menurunkan berat badan secara signifikan, khususnya jika dikombinasikan dengan diet sehat.

Apakah Minum Air Putih Membantu Mencegah Masalah Kesehatan?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak minum air putih bisa membantu mencegah beberapa masalah kesehatan:

  • Konstipasi.
  • Beberapa jenis kanker, seperti kanker kandung kemih dan kanker usus besar (tetapi beberapa penelitian menunjukkan tidak ada efek air putih terhadap penurunan risiko kanker).
  • Batu ginjal.
  • Jerawat.
Baca juga: Yuk, Minum Air Putih!

Frekuensi Minum Air Putih Dalam Sehari Berdasarkan Rasa Haus

Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh itu sangat penting. Tubuh memiliki sistem untuk mengatur kapan dan berapa banyak Kamu harus minum air putih. Saat kandungan cairan dalam tubuh turun ke tingkat tertentu, rasa haus akan muncul.

Rasa haus tersebut merupakan mekanisme yang dikontrol oleh tubuh, mirip seperti aktivitas bernapas. Artinya, rasa haus tersebut akan muncul dengan sendirinya. Nah, untuk kebanyakan orang, insting untuk minum air putih tersebut ada. Jadi, tidak perlu terlalu khawatir, ya.

Namun, ada beberapa situasi yang mengharuskan Kamu untuk minum air lebih banyak. Salah satu contohnya ketika Kamu sedang berkeringat, baik akibat olahraga, beraktivitas, ataupun sekadar cuaca panas. Dalam situasi seperti ini, penting untuk minum air putih lebih banyak. Wanita menyusui juga perlu minum air putih lebih banyak. Kebutuhan air putih juga akan meningkat jika Kamu mengalami beberapa masalah kesehatan, seperti muntah dan diare.

BACA JUGA:  Polusi Udara di Dalam Ruangan, Berikut Cara Mengatasinya!

Berapa Jumlah Terbaik Minum Air Putih Dalam Sehari?

Pada dasarnya, tidak ada yang bisa menentukan berapa banyak tepatnya Kamu harus minum air putih dalam sehari. Hal ini sangat tergantung dengan individu masing-masing. Jadi, cobalah bereksperimen, kira-kira berapa banyak Kamu harus minum air putih dalam sehari.

Beberapa orang terbiasa minum air putih lebih banyak dari orang lain. Namun, banyak minum air putih juga menyebabkan sebagian orang lainnya lebih sering buang air kecil. Untuk membantu Kamu menentukan berapa banyak harus minum air putih dalam sehari, coba ikuti petunjuk ini:

  • Minum saat merasa haus.
  • Jika sudah tidak haus, berhenti minum.
  • Saat berada di cuaca panas dan saat sedang olahraga atau beraktivitas berat, pastikan minum lebih banyak air putih. (AS)
Baca juga: 4 Kondisi Tubuh yang Tidak Diperbolehkan Minum Banyak Air

Referensi

Healthline. How Much Water Should You Drink Per Day?. April 2020.
The Journal of Nutrition. Mild Dehydration Affects Mood in Healthy Young Women. Desember 2011.

Comment

Terbaru