by

Penting, nih! Manfaat Kacang Hijau untuk Bayi     

Jika saat hamil dulu Mums sering disarankan untuk rutin mengonsumsi kacang hijau, si Kecil kini juga bisa lho, menikmati gurihnya kacang hijau. Bukan hanya enak, Mums perlu tahu nih, manfaat kacang hijau yang baik untuk tumbuh kembangnya. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita bahas sekarang.

Fakta Kacang Hijau

Kacang hijau memang sangat melekat di budaya kita, ya. Olahannya sangat beragam dan mudah ditemukan di panganan nusantara. Bubur kacang hijau, onde-onde, pia, kue ku, dan masih banyak lagi lainnya, memiliki isian kacang hijau yang ditumbuk. Dan ternyata, itu bukan suatu kebetulan, lho.

Kacang hijau memang merupakan makanan khas Asia dan diyakini berasal dari subbenua India termasuk India, Pakistan, dan Bangladesh. Kacang hijau juga dikonsumsi di Cina, dan tak bisa dipisahkan dari kuliner di kawasan Asia Tenggara. Inilah yang membuat kacang hijau sejak lama menjadi bahan olahan comfort food tidak hanya di Indonesia, tapi juga di Sri Lanka, Thailand, Filipina, Burma, Bangladesh, Kamboja, dan Laos. Dan tidak hanya bergizi tinggi, kacang hijau tergolong terjangkau, sehingga menjadi makanan pokok di banyak negara berkembang

Karena berasal dari golongan legume atau kacang-kacangan, kacang hijau merupakan sumber protein nabati terbaik dan kaya akan asam amino esensial, seperti fenilalanin, leusin, isoleusin, valin, lisin, arginin, dan banyak lagi. Perlu diketahui, asam amino esensial adalah asam yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga kecukupannya hanya bisa didapatkan dari makanan.

Jika dijabarkan, kandungan nutrisi dalam secangkir kacang hijau rebus atau kurang lebih sebanyak 202 gram, mengandung:

  • Kalori 212.
  • Lemak: 0,8 gram.
  • Protein: 14,2 gram.
  • Karbohidrat: 38,7 gram.
  • Serat: 15,4 gram.
  • Berbagai vitamin seperti Vitamin A, B kompleks, Vitamin C, Vitamin E, dan Vitamin K.
  • Mineral seperti mangan, magnesium, selenium, fosfor, zat besi, seng, tembaga, serta kalium.

Dengan sederet nutrisi ini, sudah pasti olahan kacang hijau bisa menjadi menu yang bergizi untuk si Kecil, dong. Apa saja sih, manfaatnya?

Baca juga: Manfaat Terung untuk si Kecil di Masa MPASI

Manfaat Kacang Hijau untuk Bayi

Sehari-hari menemui kacang hijau, bisa jadi Mums belum tahu semua manfaat kacang hijau jika diolah menjadi MPASI-nya. Beberapa di antaranya adalah:

  • Baik untuk pencernaan bayi

Kandungan serat larut bernama pektin di dalam kacang hijau, dapat membantu meningkatkan kerja sistem pencernaan. Selain itu, serat ini juga memperkuat usus dan mencegah terjadinya peradangan di saluran pencernaan, sehingga menjauhkan si Kecil dari risiko sembelit.

  • Memperkuat tulang dan gigi

Kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya, telah teruji merupakan elemen yang vital untuk menjaga pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Keberadaan antioksidan yang tinggi dalam kacang hijau, menjadi elemen yang menguntungkan untuk si Kecil. Flavonoid, jenis antioksidan yang terkandung di dalam kacang hijau, bertindak sebagai perisai virtual dengan menempel pada DNA si Kecil untuk melindunginya dari serangan radikal bebas yang merugikan. Tak hanya itu, antioksidan juga berperan penting untuk si Kecil, karena mampu memperbaiki molekul yang rusak, serta mencegah terjadi kerusakan sel (stres oksidatif) yang dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti kanker.

Baca juga: 5 Manfaat Kembang Kol untuk si Kecil

  • Mendukung proses tumbuh kembangnya

Di usia 1 tahun, umumnya si Kecil sedang belajar atau baru saja menguasai kemampuan berjalan. Nah, kemampuan lokomotor ini menguras banyak energi, lho, yang artinya protein sangat dibutuhkan untuk mendukung proses tumbuh kembangnya. Sel-sel otaknya pun membutuhkan protein untuk mengembangkan keterampilan bicara dan bahasa. Protein juga merupakan komponen penting untuk sistem kekebalan tubuh serta pertumbuhan struktur pendukung tubuh seperti otot, kolagen, dan rambut.

  • Meningkatkan kinerja otak

Salah satu manfaat kacang hijau yang sangat baik untuk bayi adalah kemampuannya untuk meningkatkan kinerja otak. Hal ini berkat kandungan zat besi yang mensuplai oksigen ke seluruh bagian tubuh termasuk otak.

Beberapa tips jika Mums tertarik untuk memperkenalkan kacang hijau pada si Kecil adalah pilihlah kacang hijau kupas yang berwarna kuning, karena jauh lebih mudah dicerna oleh bayi. Selain itu, jangan lupa untuk merendamnya paling tidak 6-8 jam sebelum dimasak, agar lebih cepat matang dan lunak. Selamat mencoba ya, Mums!

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Sejumlah Manfaat Kiwi untuk MPASI Si Kecil!

Sumber:

Healthline. Mung Beans.

Parenting Healthy Babies. Mung Bean for Babies.

Comment

News Feed