Sudah Kurangi Makanan Mengandung Gas, Tapi Tetap Kembung? Coba Lakukan Ini!

Perut kembung kerap menjadi masalah kesehatan pencernaan sehari-hari. Kadangkala penyebabnya tidak diketahui. Kembung terjadi akibat berkumpulnya gas di saluran pencernaan, mulai dari lambung hingga usus besar. Umumnya Kamu merasakan kembung usai mengonsumsi makanan tertentu, terutama makanan yang mengandung gas.

Kembung sangat tidak nyaman, sehingga Kamu harus menghindarinya. Salah satu caranya dengan pola makan sehat, dan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gas. Tetapi jika Kamu sudah melakukannya, tetapi kembung tak juga reda, mungkin mencoba melakukan hal ini Geng!

Baca juga: Suka Kembung Sehabis Makan? Bisa Jadi 5 Jenis Makanan Ini Penyebabnya!

Cara Mengurangi Kembung

Beberapa aktivitas di bawah ini bisa mencegah atau mengurangi kembung.

1. Jalan kaki santai setelah makan

Penelitian menyatakan bahwa aktivitas fisik ringan yang dilakukan setelah makan seperti jalan kaki santai dapat membantu mengurangi kembung. dengan berjalan kaki santai, pergerakan saluran pencernaan lebih teratur sehingga mempercepat pengosongan saluran cerna.

2. Yoga

Beberapa pose yoga ternyata dapat memposisikan otot perut sedemikian rupa sehingga memudahkan gas keluar dari tubuh. Tidak perlu gerakan ekstrem, cukup Child’s Pose atau Happy Baby Pose. Kamu juga bisa melakukan squats, tetapi jangan melompat.

3. Konsumsi jahe

Jahe merupakan obat tradisional yang turun temurun digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Berdasarkan penelitian tahun 2013, jahe mengandung carminative yang dapat membantu mengurangi gas dalam sistem pencernaan. Jadi boleh dicoba ya untuk dikonsumsi.

Baca Juga :  Amankah Ibu Hamil Menggunakan Glycolic Acid?

Baca juga: Tanaman Herbal Pengusir Kembung dan Mual

4. Lakukan pemijatan perut

Memijat perut dapat membantu saluran cerna untuk bergerak. Namun layaknya memijat bayi, yang dimaksud memijat disini hanyalah memberikan tekanan ringan pada perut dan pijatlah sesuai jalur usus besar, bila pijatan menyebabkan nyeri, segera hentikan pemijatan.

5. Peppermint

Beberapa penelitian menemukan bukti bahwa asupan peppermint dapat mengurangi gas yang terperangkap di saluran pencernaan. Peppermint merelaksasi otot di usus sehingga pergerakan usus menjadi lebih teratur. Namun sebelum kamu mengonsumsi peppermint, ada baiknya cek dulu kondisi Kamu ke dokter, karena ada beberapa kondisi medis yang tidak dianjurkan mengonsumsi peppermint ini.

8. Probiotik

Probiotic adalah bakteri baik yang hidup di usus. Setelah dikonsumsi, bakteri baik ini akan menggantikan bakteri usus yang memproduksi gas dan menyebabkan kembung.

7. Konsumsi serat secukupnya

Makan cukup serat dapat membantu mencegah konstipasi dan mencegah kembung asal jumlahnya sesuai dan tidak berlebihan. Saran konsumsi serat adalah 25 gram pada wanita dan 38 gram pada pria. Kenapa tidak boleh berlebihan? Karena pada dasarnya serat adalah glukosa yang tidak dapat dicerna tubuh. Glukosa yang tidak dapat dicerna tersebut akan difermentasi oleh bakteri usus dan menghasilkan gas.

Baca Juga :  6 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Merusak Lingkungan

Baca juga: Kenapa Ya Penderita Diabetes Sering Alami Perut Kembung?

8. Jadwalkan makan secara teratur

Banyak orang yang merasakan kembung segera setelah makan dalam jumlah banyak, maka dari itu coba rubah pola makan kamu dengan makan lebih sering namun dengan porsi kecil, agar dapat membantu pergerakan system pencernaan lancar sehingga pengosongannya tidak terganggu.

9. Buat catatan makanan harian

Karena penyebab kembung tiap orang bervariasi, ada baiknya kamu membuat catatan makanan harian, agar kamu tahu makanan apa yang menyebabkan kembung.

10. Cek suplemen dan obat yang kamu miliki

Coba cek kembali dan konsultasikan ke dokter apakah suplemen dan obat yang kamu miliki menyebabkan kembung? Sebagai contoh suplemen yang mengandung zat besi dapat menyebabkan kembung.

Sepuluh cara mengurangi kembung tadi bisa Kamu coba, namun jika kembung berlanjut atau tidak tertahankan lagi, ada baiknya kamu langsung periksa ke dokter.

Baca juga: Penyebab Perut Kembung dan Mual, serta Cara Mengatasinya

Referensi:

Aaron Kandola. 2019. How to prevent bloating after a meal. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322200.php

Diane Abraczinskas. 2019. Patient education: Gas and bloating (Beyond the Basics). https://www.uptodate.com/contents/gas-and-bloating-beyond-the-basics

Jennifer Berry. 2018. Eighteen ways to reduce bloating. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322525.php

Comment