Manfaat Santan untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

Hampir setiap hidangan di Asia Tenggara menggunakan santan sebagai bahan dasar agar masakan terasa lebih lezat. Tidak hanya karena rasanya, santan digunakan dalam memasak karena berbagai macam nutrisi yang dikandungnya seperti vitamin C, E, B1, B3, B3 dan B6 serta zat besi, selenium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Namun, apakah Kamu tahu kalau manfaat santan juga dapat digunakan untuk perawatan rambut dan kulit?

Dengan teksturnya yang creamy dan rasa manis alami, masyarakat India menganggap santan sebagai cairan ajaib karena dapat melindungi tubuh dari infeksi. “Santan bukanlah susu, melainkan cairan yang secara alami ditemukan dalam kelapa matang yang disimpan di daging kelapa. Saat Kamu membelah kelapa, cairan yang keluar adalah air kelapa. Namun, jika daging kelapa diblender dan disaring, hasilnya adalah santan,” kata dr. Rahul Nagar, dermatolog di Max Hospitals.

Baca juga: Sering Pakai Topi Bisa Menyebabkan Kebotakan?

Manfaat Santan untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

Jika digunakan teratur, kandungan santan kelapa bisa membuat kulit wajah Kamu berkilau lho, Gengs! Ya, santan bisa merawat beberapa kondisi kulit wajah. Selain itu, santan juga bermanfaat bagi kesehatan rambut lho!

1. Mengatasi Rambut Kering dan Rusak

“Karena sifat pelembapnya, santan bisa digunakan sebagai tonik untuk kulit kelapa yang kering, gatal, dan iritasi,” ucap Rahul. Bila digunakan secara teratur pada rambut kering dan rusak, santan bisa mengembalikan kilau rambut.

Selain itu, santan bisa mengobati gatal dan ketombe di kulit kepala. Masukkan santan buatan sendiri, tanpa tambahan pemanis, ke dalam lemari es semalaman agar sedikit mengeras. Di pagi hari, oleskan santan dari akar ke ujung rambut dan biarkan selama 20 hingga 30 menit sambil ditutup dengan handuk panas. Setelah itu, keramas rambut seperti biasa. Lakukan perawatan ini sekali atau dua kali seminggu. Dalam waktu 1 bulan, Kamu akan mulai melihat perubahannya.

Baca Juga :  Murah Meriah, Jambu Biji Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

2. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Santan mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut, meningkatkan folikel rambut dan juga pertumbuhan rambut. Oleskan santan pada rambut dan pijat lembut selama 3 hingga 5 menit. Diamkan selama 20 menit dan kemudian, keramas rambut seperti biasa.

3. Bikin Rambut Lebih Lembut dan Tebal

Santan bertindak sebagai kondisioner alami yang akan membuat rambut lebih lembut, tebal, dan panjang. Oleskan santan sebagai kondisioner tanpa perlu dibilas untuk menambah volume pada rambut.

Baca juga: Solusi Aman Atasi Rambut Rontok Selama Hamil dan Menyusui

4. Mencegah Jerawat

Apabila kulit Kamu bermasalah dan berjerawat, gunakan santan sebagai pembersih wajah karena sifat antibakterinya. “Lemak yang terkandung dalam santan tidak menymbat pori-pori di wajah sehingga mencegah timbulnya jerawat,” ucap Rahul.

5. Lulur Wajah

“Santan bisa digunakan sebagai lulur wajah untuk pengelupasan kulit mati dengan lembut. Yang perlu Kamu lakukan hanya merendam oatmeal dalam santan selama 10 menit, kemudian tempelkan di wajah sebagai masker. Diamkan selama 20 hingga 30 menit dan kemudian bilas sambil menggosok pelan wajah. Untuk hasil terbaik, lakukan cara ini seminggu dua kali,” jelas Rahul.

6. Mencegah Penuaan Dini

Kaya akan vitamin C, santan bisa membantu menjaga elastisitas dan kelenturan kulit, mencegah kerutan di wajah, kulit kendur, dan bintik-bintik penuaan. Caranya, rendam 7 butir kacang almond tanpa kulit. Di pagi hari, haluskan kacang almond dengan blender.

Tambahkan 6 tetes santan, aduk rata dan oleskan sebagai masker pada wajah. Diamkan selama 15 menit sebelum dibersihkan dengan air dingin. Untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi tanda penuaan secara signifikan, Kamu bisa melakukan cara ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Baca Juga :  Berapa Kali Kita Bernapas dalam Sehari? Cari Tahu Fakta Unik Organ Tubuh!

7. Melembapkan Kulit

Oleskan santan pada kulit dan biarkan selama 20 hingga 30 menit untuk mengatasi kulit kering. Selain itu, Kamu dapat menggunakan santan untuk berendam agar kulit lebih lembut dan bercahaya. Caranya, masukkan 1 cangkir kelopak mawar, ½ cangkir air mawar dan 1 cangkir santan ke dalam air hangat di bak mandi. Setelah itu, berendamlah selama 15 menit untuk mengembalikan kelembapan pada kulit kering. Atau, Kamu bisa mencampur 2 cangkir santan dengan ½ cangkir oatmeal dan 1 sendok makan madu. Aduk hingga tercampur rata dan oleskan pada kulit.

Baca juga: Mau Wajah Putih Alami, Lakukan Perawatan Kulit dengan Air Beras ala Korea

Step by Step Bikin Santan di Rumah

Hanya perlu 10 menit untuk membuat santan di rumah. Prosesnya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu:

  • 4 gelas air
  • 2 cangkir kelapa parut tanpa pemanis.

Cara pembuatannya:

  • Panaskan air. Tapi, pastikan jangan sampai mendidih.
  • Haluskan kelapa dengan blender.
  • Masukkan kelapa yang sudah halus ke dalam air panas. Aduk rata selama beberapa menit sampai campuran menjadi kental dan lembut.
  • Saring campuran kelapa dan air demi mendapatkan santan. Jika perlu, Kamu bisa memeras bubuk santan untuk mendapatkan cairan santan yang tersisa. Cairan yang sudah disaring adalah santan. Kamu bisa langsung meminumnya atau simpan di lemari es untuk digunakan sebagai bagian dari rutinitas kecantikan pada tubuh dan wajah.
Baca juga: Amankah Gula Kelapa untuk Diabetes?

Referensi:

Swirlster. Coconut Milk: Its Extraordinary Benefits, Properties And DIY Home Remedies For Healthy Hair And Skin

NDTV Food. 10 Amazing Coconut Milk Benefits For Hair, Face And Skin

Stylecraze. 16 Significant Benefits Of Coconut Milk For Skin, Hair, And Health

Comment