Berapa Kali Kita Bernapas dalam Sehari? Cari Tahu Fakta Unik Organ Tubuh!

Pernahkan Geng Sehat menghitung berapa kali kita bernapas setiap hari, berapa kali jantung berdenyit dalam satu jam? Tubuh kita diciptakan sebagai mesin yang sangat pintar oleh Tuhan. Namun, apakah Geng Sehat sempat berpikir tentang bagaimana tubuh kita bekerja?

Agar tetap hidup dan berfungsi sempurna, tubuh melakukan banyak proses internal yang bekerja setiap detik tanpa berhenti. Semua organ bekerja bersama-sama dan saling terkait tanpa kesalahan sedikitpun.

Kulit kita memperbaharui dirinya sendiri untuk menyembuhkan luka goresan. Lidah kita memiliki kemampuan membeda-bedakan rasa sehingga kita menikmati makanan. Mata kita bisa membedakan beragam warna dan bentuk.

Semuanya memiliki fungsi tersendiri dan sangat penting. Nah, supaya Geng Sehat tahu lebih banyak tentang fakta unik tentang organ tubuh kita, baca penjelasannya di bawah ini, ya!

Baca juga: 6 Makanan yang Mirip Organ Tubuh Beserta Manfaatnya

Fakta Unik Tentang Organ Tubuh

Manusia memiliki beberapa organ tubuh vital, seperti jantung, ginjal, hati, paru-paru, dan otak. Selain itu, mata juga termasuk organ tubuh yang penting.

1. Jantung Berdetak 100.000 Kali Per Hari

Jantung manusia berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Satu fakta menarik tentang jantung adalah, dalam satu hari, organ ini berdetak sekitar 100.000 kali dan memompa sekitar 2.000 galon darah ke seluruh tubuh.

Baca Juga :  Berbagai Teknik Pijat untuk Mengatasi Nyeri Leher dan Punggung

2. Ginjal Menyaring 1.500 liter Per Hari

Fungsi ginjal adalah mengeluarkan cairan dan zat sisa dari darah. Ginjal mengeluarkan urea dari darah dan mencampurnya dengan air serta senyawa lainnya sehingga akhirnya membentuk urin. Fakta unik tentang ginjal adalah, dalam sehari organ ini menyaring 1.500 liter darah, dan membersihkan darah sekitar 300 kali.

3. Paru-paru Bernapas 23.000 Kali Per Hari

Paru-paru berfungsi memasukkan oksigen ke dalam darah. Nantinya, oksigen akan diantarkan ke setiap sel di dalam tubuh. Dalam sehari, rata-rata paru-paru bernapas 23.000 kali. Ternyata, kita sangat banyak mengambil napas, ya. Maka itu, kita perlu memastikan udara yang kita hirup bersih.

4. Hati Terdiri dari 96% Cairan

Hati memiliki banyak fungsi, seperti menghancurkan zat kimia berbahaya, mencerna obat yang kita konsumsi, dan lainnya. Ternyata, hati terdiri dari 96% cairan. Hampir semua obat yang kita konsumsi juga dicerna di hati.

Baca juga: Mengatasi Kolik, Kembung, Batuk, dan Pilek pada Bayi dengan Perawatan Organik yang Aman

Fakta tentang Organ Tubuh Lainnya

Masih banyak fakta menarik tentang organ tubuh yang perlu Kamu ketahui. Berikut beberapa diantaranya:

1. Kamu Memiliki Lebih Banyak Tulang saat Lahir

Orang dewasa memiliki 206 tulang di dalam tubuhnya. Namun, saat lahir kita memiliki 300 tulang. Beberapa tulang tersebut bergabung bersama menjadi satu seiring dengan pertumbuhan kita.

Baca Juga :  Fakta Tentang Perbedaan Otak Kiri dan Otak Kanan

2. Otot Terkuat Ada di Rahang

Mungkin Kamu tidak menyangka bahwa otot terkuat di dalam tubuh adalah otot rahang. Ya, otot terkuat bukanlah otot lengan, namun otot rahang.

3. Tulang Terkecil Ada di Telinga

Faktanya, tulang terkecil di dalam tubuh ada di dalam telinga. Tulang ini mungkin sangat kecil, namun tanpanya, Kamu tidak akan bisa mendengar.

4. Lambung Tidak Hanya Bisa Mencerna Makanan

Asam di lambung sangat kuat bahkan bisa mencerna dan menghancurkan besi. Dinding lambung pun bisa mengatasi hal-hal yang lebih keras dari makanan.

5. Jari Kelingking Sangat Kuat

Ternyata, tanpa jari kelingking, Kamu bisa kehilangan 50% kekuatan tangan Kamu. Wah, ternyata jari kelingking sangat kuat, ya. (UH)

Baca juga: Mums, Ajarkan Anak Perempuan Bagaimana Menjaga Kebersihan Organ Intim

Sumber:

EPA. How Many Breaths Do You Take Each Day?. April 2014.
Fresenius Medical Care. Kidney disease.
PR Newsire. Your Heart Beats 100,000 Times/Day – Take Care Of It!. Februari 2013.
Medium. Amazing fact is that liver consists of 96% water stored in the cells. Juni 2020.
Selecthealth. Interesting Facts About the Human Body.

Comment