by

Ngemil Kuaci Bisa Menurunkan Berat Badan Lho!

Kuaci atau camilan dari biji bunga matahari memang pas buat mengisi waktu saat ingin ngemil. Meski agak repot mengupasnya, umumnya jika sudah mulai ngemil kuaci akan susah berhenti. Kuaci memiliki rasa asin, dan banyak orang takut mengonsumsi terlalu banyak karena takut efek sampingnya. Ternyata, kuaci bisa menurunkan berat badan loh!

Kuaci merupakan camilan sehat buat Kamu yang sedang diet karena mengandung lemak tak jenuh ganda atau lemak baik. Selain itu, biji matahari ini mengandung protein, serat, dan mineral penting seperti vitamin E, folat, dan tembaga. Itulah kenapa, salah satu manfaat kuaci ialah dapat membantu menurunkan berat badan.

Dalam prosesnya, biji bunga matahari dipanen dan dikeringkan untuk kemudian disiapkan menjadi camilan sehat untuk Kamu konsumsi. “Biji bunga matahari mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kita. Biji matahari merupakan sumber vitamin E, magnesium, dan selenium yang sangat baik untuk kesehatan kita. Namun, nutrisi tersebut sering kurang dalam makanan kita,” kata Sonya Angelone, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Baca juga: Ganti Camilanmu dengan 6 Makanan Ini!

Kuaci Mengandung Lemak Sehat

Menurut USDA Nutrient Database, dalam 60 gram biji bunga matahari mentah mengandung 204 kalori. Dan, apabila Kamu menyukai biji bunga matahari panggang, untuk satu porsinya (berkisar 60 gram) mengandung 186 kalori. Sementara itu, 60 gram biji bunga matahari yang dipanggang dengan minyak memiliki 200 kalori.

Umumnya, biji bunga matahari yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai rasa, misalnya green tea atau karamel. Dalam kebanyakan kasus, rasa tersebut tidak akan menambah kalori yang kita konsumsi. Namun, 60 gram biji bunga matahari yang dilapisi cokelat hitam memiliki sekitar 200 kalori.

Biji bunga matahari tinggi akan lemak, di mana sebagian besar merupakan lemak tak jenuh ganda. American Heart Association mengungkapkan bahwa asam lemak tak jenuh ganda yang terkandung dalam kuaci dapat membantu kesehatan jantung. Namun, itu hanya terjadi jika Kamu makan biji bunga matahari dalam jumlah sedang.

Lemak tak jenuh ganda dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), mengurangi risiko serangan jantung dan stroke, mengelola gula darah dan dan menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak heran jika lemak sehat dalam biji bunga matahari baik untuk Kamu.

Jika tidak berhati-hati, Kamu dapat mengonsumsi biji bunga matahari lebih dari 60 gram. Dan ini tidak baik. Oleh karena itu, kendalikan nafsu Kamu untuk mencegah makan terlalu banyak.

Baca juga: Kolesterol Naik? Ini yang Harus Dilakukan!

Kuaci Dapat Menurunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan, Kamu harus memotong asupan kalori. Apapun diet yang Kamu lakukan, semuanya fokus pada terciptanya keseimbangan kalori yang tepat. Makan lebih banyak kalori daripada yang dibakar oleh tubuh akan menambah berat badan. Begitu juga sebaliknya. Makan lebih sedikit kalori daripada yang dibakar tubuh, dapat membuat berat badan Kamu turun.

Jumlah kalori yang perlu dihilangkan tergantung banyak faktor, termasuk usia, jenis kelamin, aktivitas yang dilakukan dan juga kondisi kesehatan Kamu secara keseluruhan. Secara umum, sebagian besar wanita dapat menurunkan berat badan dengan mengonsumsi 1.200 hingga 1.500 kalori per hari dan pria mengonsumsi 1.500 sampai 1.800 kalori dalam sehari.

Biji Bunga matahari merupakan sumber kalori terkonsentasi yang dapat mendukung penurunan berat badan. Ya, serat yang ada pada biji bunga matahari dapat menurunkan berat badan Kamu. Penelitian tahun 2015 yang terbit di Annals of Internal Medicine menemukan bahwa mengonsumsi lebih banyak serat dapat menurunkan berat badan.

Serat merupakan jenis karbohidrat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Bisa membuat Kamu merasa kenyang lebih lama tanpa perlu menambahkan kalori tambahan. Dalam sehari, Kamu harus mengonsumsi sekitar 30 gram. Satu porsi biji (28 gram) biji bunga matahari menyediakan 2,4 gram serat atau 10 persen dari asupan serat harian yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: Berjalan Kaki 1 Jam Setiap Hari Bantu Kembalikan Berat Badan Ideal!

Referensi:

NDTV. Weight Loss: 4 Seeds That May Help Cut Belly Fat

Women’sHealth. Are Sunflower Seeds Actually Healthy Or Nah? Dietitians Weigh In

Healthline. How Many Calories Are in Sunflower Seeds?

LiveStrong. Can Sunflower Seeds Make You Lose Weight?

Comment

News Feed