Ratusan Kepsek di Sekadau Ikuti Audiensi dan Sosialisasi Peningkatan Mutu Pendidik

KalbarOnline, Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau menggelar audiensi dan sosialisasi program unggulan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) peningkatan kapasitas mutu pendidik, iman dan taqwa serta literasi yang dilangsungkan di aula serbaguna Kantor Bupati Sekadau, Kamis (20/2/2020).

Kegiatan dibuka oleh Bupati Sekadau diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Drs. H. Zakaria, M.Si yang dihadiri Hj. Himmatul Hasanah, MP selaku Staf Ahli Bidang Pendidikan APKASI Pusat, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau, Losianus, S.Pd., M.Si, Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sekadau, Abang M. Saleh, S.Sos dan Ketua PGRI Kabupaten Sekadau, M. Rumainur, S.Pd.

Bupati Sekadau dalam sambutannya melalui Sekda Zakaria mengapresiasi dan memberi penghargaan kepada APKASI yang melakukan sosialisasi program unggulan peningkatan kapasitas mutu pendidik, imtaq serta literasi.

“Semoga dengan adanya kunjungan ini, dapat menjadikan pendidik di Kabupaten Sekadau semakin kreatif, inovatif, maju, mandiri dan berdaya saing dalam memberikan ilmu kepada para siswa di sekolah,” harapnya.

Menurutnya sektor pendidikan yang diketahui bersama bahwa ada dua yaitu sektor pendidikan formal maupun informal. Pendidikan formal merupakan pendidikan yang melalui proses pemberian ilmu dan pengetahuan kepada seluruh siswa yang dilaksanakan di sekolah. Para orang tua yang mempercayakan berikan anaknya kepada pendidik yang dianggap mampu memberikan pengajaran yang baik kepada anak mereka.

Baca Juga :  UMK Sekadau Tahun 2018 Naik 8.71 Persen

“Maka dari itu saya menghimbau kepada peserta untuk mengikuti dan menyimak kegiatan ini sebaik mungkin agar dapat diterapkan di sekolah,” tukasnya.

Sementara Staf Ahli Bidang Pendidikan APKASI Pusat, Hj. Himmatul Hasanah, MP mengatakan, pendidikan adalah pondasi dalam meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia. Mamun permasalahan yang terus menjadi adalah pemerataan dan kualitas pendidikan. Pendidikan sangat fundamental dalam menjaga masa depan bangsa dan pondasi kuat di tengah sengitnya persaingan regional dan global jika pendidikan di daerah terus dibiarkan seperti saat ini dan tidak mendapatkan perhatian maka sulit rasanya bisa bangkit dan bersaing dengan SDM dari negara lain.

“Sebagai mitra Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia, APKASI ikut andil dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan yaitu terhadap guru-guru pendidik. Ada tiga program penting yang kami jalankan upaya meningkatan mutu pendidikan yaitu bidang matematika dan bahasa inggris masih, karena mata pelajaran ini negara kita masih berada level bawah dari negara lain. Kedua program imtaq, supaya guru-guru kesempatan mengikuti training di luar negeri yaitu mengikuti seminar internasional di luar negeri, pematerinya negara yang sudah maju sistem pendidikan. Kemudian ketiga yakni litersi para guru bisa menulis, tentunya yang akan menjadi media para guru apa yang menjadi harapan guru. Mudah-mudahan dengan ketiga tersebut tenaga pendidik kita akan lebih meningkat dan sejajar dengan negara-negara lain yang sudah maju,” tukasnya.

Baca Juga :  Buka Kegiatan O2SN – FLS2N Sekadau Hilir, Camat: Kembangkan bakat, Kemampuan Serta Potensi Dalam Diri

“Kegiatan audensi dan sosialisasi ini dalam rangka kita meningkatkan kualitas pendidikan utamanya tenaga pendidik. Peningkatan mutu pendidikan pemerintah daerah kabupaten sekadau bersama dinas terkait menggandeng APKASI Pusat melalui program unggulannya bidang peningkatan kapasitas mutu pendidik, imtaq, serta literasi,” timpalnya.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK), Kepala Sekolah Dasar (SD), Kepala Sekolah Menegah Pertama (SMP), Pengawas dan Penilik, serta beberapa Perwakilan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau. Mudahan-mudahan para tenaga pendidik terbuka dalam meningkatkan mutu pendidikan untuk dapat menjadikan generasi kita penerus menjadi unggul dalam ilmu, terdepan dalam berprestasi, berakhlak mulia. (Mus)

Comment