by

Komplek Makam Raja Tanjungpura Bakal Segera Dipugar, Pemkab Ketapang Kucurkan Rp1,5 Miliar

KalbarOnline, Ketapang – Komplek Makam Raja Tanjungpura bakal segera dipugar oleh Pemerintah Kabupaten Ketapang. Untuk memugar makam raja-raja Tanjungpura yang terletak di Desa Tanjungpura, Kecamatan Muara Pawan itu, Pemkab Ketapang telah menyiapkan anggaran senilai Rp1,5 miliar melalui APBD Ketapang 2020. Hal itu disampaikan Bupati Ketapang, Martin Rantan dalam acara ramah tamah Pemkab Ketapang bersama Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan di Borneo Emerald Hotel, Senin (17/2/2020) malam lalu.

Dalam kesempatan ini juga, Martin meminta kepada Ketua Ikkramat bersama dengan masyarakat sekitar kompleks makan Tanjungpura untuk memperhatikan dan merawat situs sejarah peninggalan kerajaan Tanjungpura tersebut.

“Tahun 2020 ini kita menganggarkan kurang lebih Rp1,5 miliar untuk renovasi komplek makam Tanjungpura,” katanya.

Orang nomor satu di Kabupaten Ketapang tersebut juga menyebutkan kalau nanti setelah dilakukan pemugaran, pada perayaan Idul Fitri mendatang Pemkab Ketapang berencana akan mengadakan kegiatan halal bihalal di lokasi kompleks makan raja Tanjungpura bersama dengan masyarakat.

“Nanti kita juga akan menggelar syukuran dan ziarah akbar di makam raja-raja Kerajaan Tanjungpura, ziarah akbar nanti tidak hanya dengan keluarga Kerajaan Matan tapi juga dengan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Ketapang,” ujarnya.

Sementara Ketua Ikatan Keluarga Besar Kerajaan Matan Tanjungpura (Ikkramat), Uti Royden Top berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada Bupati Martin Rantan karena menaruh perhatian dan kepedulian yang lebih terhadap keberadaan makam Tanjungpura.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Ketapang Martin Rantan karena telah peduli dengan budaya,” katanya.

Anggota DPRD Ketapang Fraksi Partai Golkar ini, juga menyebut kalau renovasi terhadap komplek makan Raja Tanjungpura sangat baik karena merupakan sebuah ikon yang sangat bersejarah dan kebanggaan masyarakat Ketapang.

“Karena makam Raja-raja Tanjungpura merupakan cagar budaya yang harus dirawat,” tandasnya. (Adi LC)

Comment

News Feed