by

Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Ketapang, Rektor UI : Ini Momen Baik

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) terkait Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. Kerja sama ini ditandai dengan penandatangan nota kesepakatan yang dilakukan langsung oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan bersama dengan Rektor UI Prof. Ari Kuncoro di ruang rapat rektorat UI Depok, Rabu (19/2/2020).

Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro mengaku senang dapat melakukan penandatangan nota kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Ia menjelaskan, bahwa UI sebagai universitas tertua dan terkemuka di Indonesia siap menjadi pelopor dan center of excellence, serta sebagai Guru Bangsa.

Sesuai dengan namanya yang mengemban nama Negara, maka motto UI ialah UI Untuk Indonesia. Sehingga keberadaannya harus dapat dirasakan dalam mendukung pembangunan di berbagai wilayah di Indonesia.

“Untuk itu, pada kesempatan ini kami menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat,” tuturnya.

Ia menambahkan, bahwa UI terus membangun tradisi kebersamaan dan resource sharing dalam menyelesaikan masalah nasional dan global di segala bidang kehidupan, khususnya bersinergi dalam meningkatkan kinerja kelembagaan diawali melalui peningkatan kualitas SDM pemda melalui reformasi birokrasi.

Tradisi kebersamaan, kolaborasi dan resource sharing dilakukan secara terintegrasi dan simultan antara Akademisi (Perguruan Tinggi), Pemerintah, Industri, Masyarakat dan Media yang kami sebut sebagai kerjasama Penta Helix.

“UI yang berbasiskan akademisi, berperan dalam mendesain program sesuai permasalahan yang ada dimasyarakat berdasarkan kajian multidisplin ilmu, serta melakukan transfer knowledge atau teknologi sesuai kebutuhan masyarakat yang aplikatif atau tepat guna,” tukasnya.

“Hari ini merupakan momentum sangat baik bagi UI maupun Pemkab Ketapang untuk bisa saling bersinergi dengan memperhatikan semua potensi dan unggulan sumber daya masing-masing, guna mempercepat terwujudnya tujuan pembangunan nasional,” tandasnya. (Adi LC)

Comment

News Feed