by

Kampung KB Enteras Sungai Ayak Dua Wakili Sekadau Lomba Satger PKK KKBPK Kesehatan Provinsi Kalbar

KalbarOnline, Sekadau – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Sekadau melalui Bidang Pengendalian Penduduk dan Bidang KB beserta Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sekadau kunjungi Kampung KB Enteras Desa Sei Ayak Dua, Kecamatan Belitang Hilir, Senin (17/2/2020).

Kunjungan yang dilaksanakan bertujuan untuk melaksanakan pembinaan akhir dalam persiapan mengikuti lomba Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kesehatan tingkat Provinsi Kalimantan Barat, posyandu terbaik, lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) terbaik dan lomba PHBS terbaik.

Terpilihnya Kampung KB Enteras dalam mengikuti lomba tingkat provinsi karena dinilai terjadi percepatan pembangunan lintas sektor terkait dalam mendukung percepatan Desa Sei Ayak dua sebagai desa mandiri sejak dicanangkan sebagai Kampung Keluarga Berencana pada tahun 2018 oleh Bupati Sekadau, Rupinus.

Kampung KB Enteras Sungai Ayak Dua Wakili Sekadau Lomba Satger PKK KKBPK Kesehatan Provinsi Kalbar 2

Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya kepesertaan MKJP, dibangunnya Poskesdes, dibangunnya Sekolah Dasar, rehab dan peningkatan rumah ibadah (mesjid), terbentuknya Tribina, dasa wisma, serta perubahan perilaku masyarakat terutama dalam memanfaatkan halaman rumah untuk warung hidup, apotek hidup, ternak yang semua dapat dimanfaatkan mendorong tingkat ekonomi warga masyarakat. Sehingga Kampung KB dusun enteras Desa Sei ayak 2 berhak untuk mewakili Kabupaten Sekadau dalam perlombaan tersebut.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Ny. Kristina Rupinus turut menjelaskan, selain tugas pokja 4 bidang kesehatan, program perencanan sehat, yang berkenaan juga pokja 3 lebih mengajak pada pemanfaatan lahan perkarangan. Gerakan HATINYA PKK adalah kuncinya, ini diharapkan dapat mendukung pemenuhan kebutuhan gizi keluarga, secara sederhana untuk memambah pendapatan keluarga.

“HATINYA PKK merupakan singkatan dari Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman bersama PKK, diharapkan masyarakat daoat secara sadar mengelola perkarangan atau halaman rumahnya agar asri, teratur, sehingga terlihat indah menciptakan kenyamanan bagi penghuninya,” ujarnya.

Adapun peran pengurus PKK terutama kelompok dasa wisma sangat penting dalam mewujudkan HATINYA pkk seperti mengadakan penyuluhan dalam kegiatan dan pertemuan PKK baik di tingkat kecamatan, desa, kelompok dalam upaya peningkatan rumah kurang sehat menjadi sehat, mengadakan pendataan rumah sehat, meningkatkan pemanfaatan lahan perkarangan rumah dengan HATINYA PKK. (Mus)

Comment

News Feed