CMI dan Kelompok Tani Mekar Sari Panen Padi Perdana

KalbarOnline, Ketapang – PT Cita Mineral Investindo Tbk bersama Kelompok Tani Mekar Sari Desa Mekar Jaya, Dusun Perendaman, Kecamatan Air Upas melakukan panen padi perdana, Sabtu lalu (25/1/2020).

Padi yang dipanen tersebut merupakan padi unggulan yaitu padi Agro Pawan dan merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT CMI Tbk yang sudah digarap semenjak satu tahun lalu dengan luas lahan 80 hektar.

Hasil panen padi tersebut akan dibagi kepada masyarakat yang memiliki lokasi dan kepada setiap kelompok tani yang masing-masing kelompok berjumlah 25 orang.

Pj Kades Mekar Jaya, Edi Yusmito menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Mekar Jaya khususnya kepada kelompok tani Mekar Sari yang terlibat langsung dalam penggarapan lahan sampai dengan panen perdana. Menurutnya, selain ilmu yang didapat, padi yang dipanen tersebut bisa diolah dan dikonsumsi masyarakatnya khususnya kepada kelompok tani.

Baca Juga :  Teken Kontrak Politik, Haji Lakok Alihkan Dukungan ke Martin-Farhan

Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PT CMI Tbk yang dalam hal ini telah memberdayakan masyarakat dan memberi edukasi kepada masyarakat. Ke depan ia berharap akan ada program-program pemberdayaan lainya dari PT CMI.

Sementara Corporate Social Responsibility PT CMI Tbk, Okki Adhip mengatakan, ini merupakan tahun pertama pihaknya melakukan pembinaan terhadap petani sawah khususnya di Desa Mekar Jaya.

Baca Juga :  Bupati Ajak Masyarakat Meriahkan Napak Tilas Tahun 2023

“Kami juga merasa di mana dalam pelaksanaan tahun pertama ini masih banyak kendala secara teknis,” ujarnya.

Menurutnya, untuk target awal pihaknya fokus minimal untuk konsumsi kelompok-kelompok tani Mekar Sari itu sendiri.

“Ke depan kami dari pihak perusahaan akan terus fokus kepada pemberdayaan masyarakat di sekitar area operasional perusahaan dan tentunya akan selalu kita monitoring terus,” tukasnya.

Ia juga menambahkan bahwa bantuan ini merupakan program jangka panjang dan prioritas PT CMI Tbk. Menurutnya, hal ini sangat dibutuhkan masyarakat sebagai salah satu sumber kebutuhan primer.

“Kami mengucapkan terima kasih pada semua yang terlibat dalam proses percetakan/revitalisasi sawah masyarakat Mekar Jaya,” tandasnya. (Goda)

Comment