Bupati Ketapang Launching Desa Tebing Berseri Sebagai Desa Bersinar

Bupati Ketapang, Martin Rantan memberikan sambutannya saat melaunching Desa Tebing Berseri sebagai Desa Bersinar
Bupati Ketapang, Martin Rantan memberikan sambutannya saat melaunching Desa Tebing Berseri sebagai Desa Bersinar (Foto: Adi LC)

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang Martin Rantan resmi melaunching Desa Tebing Berseri, Kecamatan Jelai Hulu sebagai Desa Bersinar, Minggu (13/10/2019) kemarin. Bupati hadir didampingi rombongan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Ketapang.

Kepada Kepala Desa Tebing Berseri, Bambang Irawanto, Bupati menekankan bahwa dilaunchingnya Desa Tebing Berseri sebagai Desa Bersinar merupakan bentuk apresiasi kepada Kepala Desa yang berhasil meningkatkan kemajuan desanya.

“Ini tidak mudah, di Ketapang ini ada lima desa yang menjadi percontohan, termasuklah Desa Tebing Berseri ini,” ujar Bupati saat memberikan sambutannya.

Martin turut mengakui, tim penilai untuk menetapkan Desa Bersinar ini mencakup beberapa SKPD, sesuai tupoksi masing-masing SKPD tersebut. Gelar Desa Bersinar yang diberikan kepada Desa Tebing Berseri ini, diaktualisasikan Pemkab Ketapang dengan membangun empat titik lampu solar cell yang ditempatkan di beberapa titik.

“Ada empat titik yang sudah dipasang dan bisa difungsikan, nanti melalui Dana Desa bisa ditambah, tinggal kordinasi ke Pemdes saja, biar sesuai aturan dan legal,” pesannya.

Ia menegaskan bahwa pihak desa harus selalu bisa berinovatif dalam membangun desa, khususnya dalam memberikan lampu penerangan di desa. Sebab menurutnya cukup sulit jika hanya berpangku tangan kepada PLN. Hal ini lantaran, diakui Bupati, jarak desa yang jauh menjadi kendala bagi PLN untuk dapat memasang tiang-tiang listrik.

“PLN ini Badan Usaha Milik Negara (BUMN) jadi ada hitung -hitungannya, saya buka saja, kalau desa yang jauh mereka mengaku merugi, terlebih konsumennya sedikit, itulah yang menjadi kendalanya,” akunya.

Selain memperindah lingkungan desa, ia berharap melalui keberadaan lampu jalan yang menggunakan Solar Cell ini diharapkan dapat menambah aktivitas masyarakat di malam hari dan dapat menghindari tindakan, ataupun niat kejahatan di malam hari. (Adi LC)

Tinggalkan Komentar