BPD Belitang Dua Gelar Rapat Pembentukan Panitia Pilkades

KalbarOnline, Sekadau – Tidak lama lagi masa jabatan beberapa kepala desa yang ada di Kecamatan Belitang akan berakhir. Berkaitan dengan itu, sejumlah BPD (Badan Permusyawaratan Desa) pun akan membentuk panitia pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Satu di antaranya yakni BPD Belitang Dua. Belum lama ini BPD Belitang Dua menggelar rapat pembentukan panitia Pilkades yang dilangsungkan di GPU Desa Belitang Dua, Rabu (10/7/2019).

Selain rapat pembentukan panitia Pilkades, juga terdapat agenda lain yakni rapat pembentukan tim penyusunan RKP Desa tahun anggaran 2020.

Turut hadir dalam kesempatan itu Camat Belitang yang diwakili Kasi Ekbang, Rony, Kapolsek Belitang diwakili Kanit Binmas, Aipda Suprianto, Danramil Belitang yang diwakili Kopda Valentino, Pj. Kades Belitang Dua, Supiadi, Ketua BPD Belitang Dua, Awaludin, para Kadus serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua BPD, Awaludin mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir sekaligus menjelaskan beberapa agenda rapat tersebut.

Dirinya sebagai Ketua BPD menjelaskan akan membentuk panitia Pilkades karena masa bakti Kepala Desa akan segera berakhir, selanjutkan akan diadakan pemilihan Kades dengan masa bakti 2019-2025.

“Berbagai tahapan, proses dan syarat dalam pendaftaran calon Kades juga harus diketahui dan dipenuhi terlebih dahulu setelah terbentuknya panitia Pilkades serta mengetahui tugas panitia,” ucap Awaludin.

Sementara Supiadi selaku Pj. Kades Belitang Dua menjelaskan, agenda pembentukan tim penyusunan RKP Desa tahun anggaran 2020, perlunya kerjasama dari berbagai pihak untuk membantu BPD dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Peran BPD sangat dikedepankan dalam dua agenda tersebut terutama dalam Pilkades, karena total 68 desa di Kabupaten Sekadau melaksanakan Pilkades serentak, ada 6 desa yang akan melaksanakan Pilkades di Kecamatan Belitang dan hanya satu desa yang tidak mengikuti Pilkades yakni Desa Nanga Ansar.

Sementara Kanit Binmas Polsek Belitang, Aipda Suprianto menegaskan bahwa pihaknya bersama Koramil Belitang siap memberikan pengamanan.

Aipda Suprianto juga memotivasi pihak Pemdes Belitang Dua semoga ke depan bisa menjadi desa mandiri seperti Desa Maboh Permai di Kecamatan Belitang.

Jelang musim kemarau, Kanit Binmas turut mengimbau warga agar dapat mencegah Karhutla karena dapat berimbas kepada masyarakat lainnya seperti mengganggu transportasi dan kesehatan. (Mus)

Tinggalkan Komentar