Dinkes Mempawah Terus Antisipasi Penyebaran Virus Cacar Monyet

Dinkes Mempawah terus antisipasi penyebaran virus cacar monyet
Dinkes Mempawah terus antisipasi penyebaran virus cacar monyet (Foto: KO)

KalbarOnline, Mempawah – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Mempawah  memastikan, sampai saat ini belum ditemukan adanya kasus penyakit monkeypox alias cacar monyet di Kabupaten Mempawah. Kendati demikian, Dinas Kesehatan tetap mengambil langkah-langkah antisipasi untuk mencegah penularan penyakit cacar monyet.

Seperti diketahui, monkeypox atau cacar monyet merupakan penyakit akibat virus yang ditularkan melalui binatang, penularannya dapat terjadi melalui kontak dengan darah, cairan tubuh dan lesi pada kulit, atau mukosa dari binatang yang tertular virus.

Meski belum menyebar di Indonesia, cacar monyet sudah terdeteksi di negara tetangga, yakni di Singapura namun yang terjangkit virus tersebut bukan merupakan warga negara Singapura melainkan warga negara Afrika.

Namun hal tersebut pun menimbulkan kekhawatirkan pemerintah Indonesia, karena cacar monyet sudah menyebar hampir seluruh benua Afrika.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Mempawah, Muktar Siagian mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan antisipasi pencegahan dengan mengimbau masyarakat agar waspada terhadap monkeypox atau cacar monyet.

Dinas Kesehatan pun, kata dia, mengandalkan puskesmas sebagai ujung tombak, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar dapat mencegah munculnya cacar monyet di Kabupaten Mempawah.

Monkeypox atau cacar monyet dapat dicegah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat seperti cuci tangan dengan sabun, menghindari kontak langsung dengan tikus atau primata dan membatasi daging yang tidak dimasak dengan baik. (Fai)

Tinggalkan Komentar