Minta Masyarakat Aktifkan PAUD, Muda : Masa Keemasan Anak Dimulai Sejak Usia Dini

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan bersama istri membagikan buku kepada anak-anak saat safari Ramadhan di Desa Tebang Kacang
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan bersama istri membagikan buku kepada anak-anak saat safari Ramadhan di Desa Tebang Kacang (Foto: ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan meminta masyarakat di sungai Rasau, Desa Tebang Kacang agar mengaktifkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai sarana pendidikan anak sejak dini.

Hal itu disampaikan Muda saat memimpin safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya tahun 2019 di Sungai Rasau, Tebang Kacang, Kamis (23/5/2019).

“Dengan diaktifkan PAUD sebagai sarana pendidikan anak sejak dini sangatlah penting untuk menyiapkan generasi bangsa yang lebih berkualitas dimasa yang akan datang,” ujarnya.

Orang nomor wahid di Kubu Raya ini menyampaikan hal tersebut, mengingat di daerah tersebut belum tersedia PAUD sebagai sarana pendidikan dan pendampingan anak-anak sejak dini. Sementara wilayah tersebut berada di dekat perkotaan di Sungai Raya dan bukan merupakan daerah terluar.

“Kita minta masyarakat di sini dapat merintis PAUD di Dusun Sungai Rasau ini. PAUD ini sangat penting sebagai sarana pendidikan dan pendampingan terhadap anak-anak kita disini sejak dini. Saya melihat tadi banyak anak-anak yang usia sekolah PAUD dan TK, sayang kalau tidak tersedia fasilitas untuk mereka bermain sambil belajar,” ungkapnya.

Muda berujar, pendidikan anak sejak dini sangat penting untuk membentengi generasi bangsa dari degradasi moral dan perilaku menyimpang akibat perkembangan teknologi. Untuk itu, anak-anak adalah sebagai masa depan bangsa yang harus disiapkan dengan matang. Dengan pendidikan yang baik dan gizi yang baik pula. Sehingga akan menghasilkan generasi bangsa yang bekualitas.

“Anak-anak ini adalah masa depan kita. Kita harus siapkan sejak dini, pendidikan mereka baik pendidikan formalnya maupun non formalnya. Kita harus siapkan mereka menghadapi kemajuan informasi dan teknologi dengan fondasi moral dan akhlak yang baik. Jika sejak dini ditanamkan nilai-nilai kehidupan yang positif, akan terus tertanam dibenak dan sanubarinya hingga ia dewasa,” tutur Muda.

Bupati pertama di Kubu Raya ini juga mengatakan, di pendidikan PAUD nantinya anak-anak akan belajar berinteraksi satu dengan yang lain. Bermain bersama-sama dengan anak-anak yang lain. Penanaman nilai-nilai kehidupan yang positif juga akan tertanjap dengan kokoh dalam karakter kepribadian anak-anak sejak dini.

Sebab apa yang mereka saksikan dan rasakan saat masih kecil akan terus menjadi bagian dari tumbuh kembangnya ke depan. Oleh sebab itu, dirinya berharap agar di setiap desa dan setiap dusun ada PAUD, untuk anak-anak belajar mempersiapkan masa depan yang lebih baik dan berkualitas.

“Ini menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama untk menyiapkan masa depan anak-anak kita. Melalui pendidikan usia dini, kita telah menyiapkan masa depan anak-anak kita akan lebih baik. Banyak nilai-nilai kehidupan yang kita bisa tanamkan sejak dini untuk bekal anak-anak kita pada masa-masa yang akan datang,” tandas Muda. (ian)

Tinggalkan Komentar