by

KPU Ketapang Gelar Pleno Rekapitulasi Pemilu 2019 Tingkat Kabupaten

KalbarOnline, Ketapang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ketapang telah melaksanakan pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan dan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten yang dilangsungkan di Hotel Borneo, Jumat (3/5/2019) pagi. Rekapitulasi ini sendiri, ditargetkan selesai pada Minggu (5/5/2019).

Hal ini disampaikan Ketua KPU Ketapang, Tedi Wahyudin saat diwawancarai awak media, Jumat (3/5/2019) sore.

Tedi mengatakan, rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara di hari pertama berjalan lancar. Meski demikian, ada beberapa sanggahan dari sejumlah saksi, mulai dari saksi partai peserta Pemilu maupun saksi calon.

“Ini kan forum, jadi ada sanggahan. Tapi sampai sore ini berjalan lancar,” katanya.

Rekapitulasi tingkat kabupaten ini, mendapat pengawalan ketat dari aparat Kepolisian dan TNI. Beberapa mobil anti huru-hara juga ditempatkan di luar lokasi rekapitulasi. Sementara ratusan aparat keamanan bersiaga di sekitar lokasi dilansungkannya rekapitulasi.

Hingga Jumat sore, baru tiga kecamatan yang telah selesai direkap. Sementara satu kecamatan baru menyelesaikan rekap suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden saja.

“Sampai sore ini yang sudah selesai itu Matan Hilir Utara, Marau dan Pemahan. Sementara untuk Air Upas baru rekap suara Pilpres saja yang selesai,” jelasnya.

Tedi mengungkapkan, pelaksanaan rekapitulasi ini dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB. “Kita mempertimbangkan fisik kawan-kawan juga, termasuk dari Bawaslu, saksi parpol dan saksi partai. Kita optimalkan waktu yang ada. Mudah-mudahan hari ini kita bisa menyelesaikan 8 kecamatan. Mudah-mudahan hari Minggu (5/5/2019) siang sudah selesai semua,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment

News Feed