Hasil Sementara Pleno KPU Ketapang : Capres 02 Unggul Tipis di Pemahan, Jokowi-Ma’ruf Menang Telak di Marau dan Air Upas

Capres-Cawapres 01, Jokowi-Ma’ruf dan Capres-Cawapres 02, Prabowo-Sandi
Capres-Cawapres 01, Jokowi-Ma’ruf dan Capres-Cawapres 02, Prabowo-Sandi (Foto: Istimewa)

KalbarOnline, Ketapang – Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf menang telak di dua kecamatan di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Hasil tersebut berdasarkan rekapitulasi tingkat kabupaten yang digelar oleh KPU Ketapang di Hotel Borneo, Jumat (3/5/2019) pagi.

Hingga Jumat sore tadi, baru tiga kecamatan yang telah selesai direkap. Sementara satu kecamatan baru menyelesaikan rekap suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Perolehan suara Pilpres di empat kecamatan ini cukup mencolok. Pasangan capres-cawapres 01, Jokowi-Ma’ruf menang di tiga kecamatan. Bahkan, paslon 01 yang diusung oleh PDIP, Golkar, PKB, Nasdem, PPP, Hanura dan PKPI ini berhasil unggul telak di dua kecamatan yaitu, Marau dan Air Upas.

Sedangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandi yang diusung oleh Gerindra, PKS, PAN dan Demokrat, hanya menang di Kecamatan Pemahan.

Di Kecamatan Matan Hilir Utara, pasangan Jokowi-Ma’ruf memperoleh 5.277 suara. Sementara Prabowo-Sandi kalah tipis di angka 5.268 suara. Namun, kekalahan telak pasangan Prabowo-Sandi terjadi di Kecamatan Air Upas. Pasangan nomor urut 02 ini hanya memperoleh 1.549 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 01 meraup 8.805 suara.

Kekalahan telak juga dialami paslon nomor urut 02 di Kecamatan Marau. Paslon nomor urut 02 hanya memperoleh 1.099 suara. Sementara paslon 01 berhasil memperoleh 7.304 suara. Pasangan Prabowo-Sandi hanya unggul tipis di Kecamatan Pemahan. Mereka memperoleh 1.675 suara dan 1.526 suara untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf.

Ketua KPU Ketapang, Tedi Wahyudin mengungkapkan bahwa pihaknya menargetkan pleno rekapitulasi penghitungan suara selesai pada Minggu (5/5/2019) mendatang.

Tedi turut berujar, rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara di hari pertama berjalan lancar. Meski demikian, ada beberapa sanggahan dari sejumlah saksi, mulai dari saksi partai peserta Pemilu maupun saksi calon.

“Ini kan forum, jadi ada sanggahan. Tapi sampai sore ini berjalan lancar,” katanya.

Adapun pelaksanaan pleno rekapitulasi ini dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB.

“Kita mempertimbangkan fisik kawan-kawan juga, termasuk dari Bawaslu, saksi parpol dan saksi partai. Kita optimalkan waktu yang ada. Mudah-mudahan hari ini kita bisa menyelesaikan 8 kecamatan. Mudah-mudahan hari Minggu (5/5/2019) siang sudah selesai semua,” pungkasnya. (Adi LC)

Tinggalkan Komentar