Minim Sarana Komputer, SMPN 3 Sungai Raya Masih Laksanakan UNKP

KalbarOnline, Kubu Raya – Mata pelajaran komputer yang sempat dihilangkan dalam kurikulum membuat sejumlah sekolah merasa kebingungan untuk menciptakan generasi melek teknologi terutama di tingkat SMP dan MTs, khususnya pada saat momen pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Salah satunya SMPN 3 Sungai Raya yang saat ini hanya dapat menerapkan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) untuk 492 peserta ujian yang terdiri dari empat sekolah yang ikut bergabung.

Kepala sekolah SMPN 3 Sungai Raya, Masiyah mengatakan adapun sekolah-sekolah yang ikut bergabung dalam rangka Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) yakni SMP Tunas Muda, SMP Harapan Bangsa, MTs Al-fatwa dan SMPN 16 Satu Atap. Dari empat sekolah tersebut yang merupakan murid asal dari SMPN 3 Sungai Raya sebanyak 320 peserta ujian.

Baca Juga :  Bupati Rusman Ali Resmikan Jembatan Desa Teluk Bakung Hasil CSR dari PT GAN

“Khususnya tentang sarana yakni komputer belum mencukupi untuk melaksanakan UNBK. Pada tahun 2017 bantuan dari pemerintah pusat, sebanyak 22 unit yang selanjutnya secara mandiri dapat terkumpul sebanyak 16 unit sehingga berjumlah 38 unit. Dengan jumlah yang ada, pada Maret 2018 lalu mata pelajaran komputer sudah diterapkan kembali,” ujarnya saat dikonfirmasi Selasa (23/4/2019) kemarin.

Baca Juga :  Warga Ajukan Perbaikan Jembatan, Pemerintah Desa Tak Ada Realisasi

Secara mandiri, disebut Masiyah, merupakan kerja bersama dengan Komite Sekolah dengan cara menarik iuran kepada orang tua murid yang telah dijalani selama setahun. Selanjutnya kekurangan juga terjadi kepada mesin server yang dimiliki sekolah hanya satu unit.

“Jadi untuk melaksanakan UNBK di sini masih membutuhkan waktu dengan minimnya sarana tersebut. Saya tetap optimis dapat melaksanakan UNBK disini, namun untuk menuju kesiapan tersebut masih banyak kendala-kendala yang dihadapi terutama dengan iuran yang masih banyak yang belum membayar,” tukasnya.

Dirinya berharap untuk tahun-tahun ke depannya dapat mencapai target dalam persiapan pelaksanaan UNBK. (ian)

Comment