Kunjungi Satu-satunya Desa Mandiri di Kalbar, Sutarmidji Sampaikan Apresiasi

Desa Sutera merupakan desa mandiri satu-satunya di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Kayong Utara – Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji berkesempatan mengunjungi satu-satunya desa mandiri di Kalbar yakni Desa Sutera, Kabupaten Kayong Utara, Senin (1/4/2019).

“Saya lihat kantor Balai Desa bersih, data-data lengkap, ini menunjukan  bahwa semua komponen pelayanan itu pasti akan dilayani dengan baik dan cepat,” ujar Gubernur Sutarmidji.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji foto bersama saat mengunjungi Desa Sutera yang merupakan satu-satunya desa mandiri di Kalbar
Gubernur Kalbar, Sutarmidji foto bersama saat mengunjungi Desa Sutera yang merupakan satu-satunya desa mandiri di Kalbar (Foto: Humas Pemprov Kalbar)

“Saya minta kepada Bupati untuk layanan di Desa di kawasan ini ada internetnya yang kuat, untuk itu harus sudah menggunakan website/email. Jadi masyarakat yang akan berurusan surat menyurat cukup dari rumah mengirimkan datanya ke desa, sehingga datang ke rumah surat sudah jadi, tak perlu nunggu Kepala Desa di tempat, kecuali ada 4 surat yang tergolong tanda tangan basah,” timpal Midji.

Baca Juga :  Latihan Menembak, Kapolres Melawi : Setiap Anggota Polisi Harus Bisa Lindungi Masyarakat dan Diri Sendiri

Dalam kesempatan yang sama, orang nomor wahid di Bumi Tanjungpura ini juga menyampaikan ke depannya akan lahir banyak desa mandiri sesuai apa yang sudah dicanangkan bersama Pangdam XII/Tanjungpura dan Kapolda Kalbar yang bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalbar.

Sementara Kepala Desa Sutera, Rifa’i mengaku bangga mendapat kunjungan langsung Gubernur Kalbar.

Baca Juga :  Suasana Aksi Demonstrasi Serikat Pekerja PT Jalin Vaneo

“Saya merasa bangga dengan kunjungan Gubernur untuk melihat keberadaan desa kami. Ini akan lebih mendorong dan memotivasi kinerja para pegawai Desa Sutera,” ujarnya.

“Desa Sutera Mandiri berubah status dari desa maju menjadi desa mandiri berdasarkan versi  Kemendes tahun 2018 dan peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 2 tahun 2016. Indeks Desa Membangun merupakan indeks komposit yang terdiri dari Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks ketahanan ekonomi (IKE) dan Indeks ketahanan lingkungan (IKL),” tandasnya.

Seperti diketahui bahwa dalam kunjungannya di Kayong Utara, Gubernur Kalbar, Sutarmidji selain mengunjungi Desa Sutera juga meninjau proyek bandara yang akan dibangun di Kabupaten Kayong Utara. (*/Fai)

Comment