Edi Harap Masjid Juga Menjadi Wadah Pemberdayaan Sosial, Ekonomi dan Pendidikan Masyarakat

Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Baabul Khair

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Masjid Baabul Khair, Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota, Jumat (15/2/2019).

Edi meminta keberadaan Masjid Baabul Khair yang terletak di Jalan Uray Bawadi, Gang Melati ini selain berfungsi sebagai tempat ibadah, diharapkan juga menjadi wadah pemberdayaan sosial, ekonomi serta pendidikan.

“Seperti untuk pertemuan-pertemuan, sosialisasi, pendidikan, juga pemberdayaan ekonomi masyarakat,” ujar Edi Rusdi Kamtono.

Baca Juga :  Pemancangan Tiang Pertama Duplikasi Jembatan Kapuas I Direncanakan Sebelum Agustus

Pemberdayaan ekonomi yang bisa dilakukan oleh pengurus masjid misalnya dengan membuka toko sembako murah untuk warga sekitar dengan bekerjasama dengan koperasi, Bulog dan sebagainya.

“Ini sebagai upaya untuk memberdayakan warga supaya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat lainnya,” kata Edi.

Setiap tahun Pemerintah Kota Pontianak sudah mengalokasikan dana bantuan sosial untuk rumah ibadah. Bantuan tersebut digunakan untuk pembangunan fisik maupun lingkungan rumah ibadah.

Baca Juga :  2025 Bappeda Pontianak Bertransformasi Jadi Bapperida

“Mekanisme untuk mendapat bantuan ini dengan mengajukan proposal, kemudian nanti akan kita kaji,” ungkapnya.

Meskipun penancapan tiang pertama pembangunan masjid baru dilakukan, Edi berharap masjid sudah bisa digunakan untuk shalat tarawih di bulan puasa mendatang.

Meski memiliki target, tak dipungkiri bahwa kondisi keuangan untuk pembangunan masjid belum terkumpul.

Untuk mengatasi hal itu, selain dari dana Pemerintah Kota Pontianak, Edi Kamtono juga mengajak masyarakat bergotong royong menjadi donatur dalam pembangunan masjid Baabul Khair. “Intinya, bagaimana masjid yang ada bisa berperan agar dimakmurkan dan memakmurkan umat,” pungkasnya. (my)

Comment