Tingkatkan Sinergi dan Kolaborasi Setiap Elemen, Pj Bupati Romi Hadiri Rapat Koordinasi Gubernur

KalbarOnline, Kayong Utara – Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya menghadiri Rapat Koordinasi Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat di Provinsi Kalimantan Barat yang diselenggarakan di Hotel Mahkota Pontianak, Senin (29/04/2204). Rapat tersebut dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson.

Dalam rakor tersebut, Pj Gubernur Harisson menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota dalam melaksanakan berbagai program pembangunan dan kebijakan nasional.

“Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah memiliki 46 tugas dan kewenangan yang bersifat atributif, termasuk pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan di kabupaten/kota,” kata Harisson.

Harisson meminta kepada bupati dan wali kota agar serius mengikuti beberapa arahan pemerintah pusat, khususnya terkait pengendalian inflasi. Hal ini perlu dilakukan dengan memastikan ketersediaan pasokan bahan pokok, menjaga kelancaran distribusi dan melakukan operasi pasar.

Baca Juga :  Sekda Kalbar Pastikan Sanksi Pejabat dan ASN yang Pakai Mobil Dinas untuk Mudik Lebaran

Menurut Harrison, pemerintah daerah dengan kewenangan yang ada harus tetap mengikuti arahan pemerintah pusat, mengingat pengendalian inflasi ini berkaitan erat dengan kehidupan ekonomi masyarakat.

Pj Gubernur Kalbar, Harisson membuka Rapat Koordinasi Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat di Provinsi Kalimantan Barat, di Hotel Mahkota Pontianak, Senin (29/04/2024). (Foto: Istimewa)

Menanggapi arahan tersebut, Pj Bupati Romi Wijaya menyatakan komitmennya untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

“Sesuai arahan Pj Gubernur, kita ditekankan untuk melakukan sinergi dan kolaborasi dalam melaksanakan berbagai program pembangunan dan kebijakan nasional,” ujar Pj Bupati Romi.

Dirinya juga menyampaikan, bahwa Pj Gubernur menekankan kepada bupati dan walikota agar benar-benar mengikuti arahan pemerintah pusat terkait pengendalian inflasi.

Baca Juga :  Polda Kalbar Musnahkan 3,3 Kilogram Sabu dan Amankan Rp 1 Miliar dari TPPU

“Caranya dengan memastikan ketersediaan pasokan bahan pokok, menjaga kelancaran distribusi, dan melakukan operasi pasar,” jelasnya.

“Saya berharap, Pemerintah Kabupaten Kayong Utara dapat melaksanakan dan melakukan sinergitas, yang diimplementasikan dalam program kegiatan di unit kerja masing-masing,” tegas Pj Bupati Romi lagi.

Rapat Koordinasi ini diharapkan dapat menghasilkan langkah-langkah konkrit dan strategis dalam memperkuat sinergi dan kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota di Kalimantan Barat, demi mewujudkan pembangunan yang merata dan berkeadilan di wilayah tersebut. (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment