by

Resmikan Rumah Sakit Pratama Semitau, Sutarmidji Tekankan Inovasi dan Layanan Prima

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Gubernur Kalbar, Sutarmidji secara simbolis meresmikan Rumah Sakit Umum Pratama di Kecamatan Semitau, Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (23/1/2019).

Pada peresmian itu, turut hadir Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, drg. Oscar Pribadi dan Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir yang mendampingi Gubernur.

Sutarmidji mengatakan rumah sakit pratama ini merupakan rumah sakit yang sangat strategis di Kabupaten Kapuas Hulu.

Sebab, rumah sakit tersebut berdekatan dengan perbatasan antara Kalbar dengan Malaysia, sehingga bisa melayani masyarakat sekitarnya.

“Kita patut berbangga karena di daerah perbatasan ini sudah ada rumah sakit yang bisa melayani masyarakat. Dari segi fisik gedungnya sangat meyakinkan bahwa pelayanan rumah sakit akan lebih baik,” ujar Sutarmidji.

Ia menilai berbagai fasilitas rumah sakit tersebut cukup bagus untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Dengan adanya rumah sakit pratama Semitau ini seiring dengan program Presiden Jokowi pada tahun 2019 yang menekankan peningkatan Sumber Daya manusia (SDM) menjadi perhatian besar khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

“Karena SDM yang baik itu tentu orangnya harus sehat dan itu menjadi perhatian kita semua. Nantinya akan bersinergi dengan rumah sakit rujukan nasional yakni RSUD Soedarso di Pontianak yang terus kita perbaiki juga pelayanannya,” tukas Midji.

Orang nomor satu di Kalbar ini berharap kedepannya perhatian besar di bidang kesehatan semakin besar guna melayani masyarakat di Kalbar. Untuk tenaga medis, lanjut dia, pemerintah daerah akan mencukupi dengan berbagai fasilitas penunjang dan berbagai alat medis.

“Tadi Pak Bupati Kapuas Hulu menyampaikan insentif dokter spesialis di Kabupaten Kapuas Hulu minimal itu sudah Rp30 juta perbulan. Jadi, tidak seperti yang dikatakan bahwa insentif dokter lebih kecil dari tukang parkir,” tuturnya.

Sutarmidji turut menambahkan bahwa ada beberapa rumah sakit yang akan menjadi perhatiannya dalam spesifikasi pelayanan rumah sakit yang ada. Tak hanya itu, ia juga berharap pimpinan Rumah Sakit Pratama Semitau melakukan berbagai inovasi guna pelayanan prima dan baik.

“Memang kata orang mengurus rumah sakit itu tak gampang. Nah, ini harus dilakukan berbagai inovasi yang dilakukan oleh pimpinan rumah sakit dan saya yakin pimpinan rumah sakit ini bisa melakukan itu,” tandasnya.

Sementara Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir berharap dengan adanya rumah sakit pratama Semitau dapat melayani kesehatan masyarakat Kecamatan Semitau dan sekitarnya.

Kecamatan Semitau yang berbatasan langsung antara Kalbar dan negara Malaysia, tentunya kata dia, sangat membutuhkan pelayanan kesehatan lebih baik.

“Berdirinya rumah sakit ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang ada di sekitar sini. Karena rumah sakit umum daerah yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu sangat jauh. Jika ada warga yang sakit harus menempuh sekitar empat jam dari sini. Padahal, idealnya dalam melayani kesehatan harus di bawah dua jam dari tempat rumah sakit yang dilayani,” tuturnya.

Lokasi rumah sakit tersebut letaknya sangat strategis dan tidak jauh dari sungai. Karena aliran sungai masih menjadi prioritas transportasi utama warga di kabupaten Kapuas Hulu.

Peresmian rumah sakit pratama Semitau ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji. (*/Fai/Haq)

Comment

News Feed