Raih Peringkat Enam, Kubu Raya Optimis Sukses di Porprov Mendatang

Kepala Disporapar Kubu Raya, Cicilia Tri Agustina saat diwawancarai awak media mengenai hasil kontingen Porprov Kubu Raya
Kepala Disporapar Kubu Raya, Cicilia Tri Agustina saat diwawancarai awak media mengenai hasil kontingen Porprov Kubu Raya (Foto: ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XII Kalimantan Barat di Pontianak telah usai, dengan klasemen akhir Kota Pontianak menduduki peringkat pertama.

Sementara Kabupaten Kubu Raya menduduki peringkat ke enam mengalahkan Kabupaten Kayong Utara dengan total 165 medali yang terdiri dari 28 emas, 53 perak, serta 84 perunggu.

Turun menjadi peringkat ke enam yang sebelumnya pernah menduduki peringkat tiga pada Porprov Kalbar 2014 lalu terdapat sejumlah alasan salah satunya yakni beralihnya sejumlah atlet Kubu Raya ke daerah lain. Hal tersebut diungkap Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kubu Raya, Cicilia Tri Agustina.

“Dengan turunnya peringkat ini menjadi cambuk bagi kita, karena pada dasarnya selama diselenggarakan Porprov, Kubu Raya tidak pernah menduduki peringkat bawah. Patut diketahui kita pernah menduduki peringkat tiga pada tahun sebelumnya,” tutur Cicilia ditemui di Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (29/11/2018) siang.

Menurut Cicil, hal tersebut terjadi lantaran banyak atlet-atlet dari Kubu Raya yang berprestasi memilih untuk bergabung dengan Kabupaten lain. Cicilia mengakui faktor penghargaan berupa bonus besar juga menjadi salah satu penghambat atlet untuk mempertahankan citra daerah.

“Seperti Kabupaten Sintang, Kabupaten Mempawah, Kota Pontianak, para peraih-peraih emas itu kebanyakan dari Kubu Raya. Tetapi tak masalah, mungkin karena kemampuan kita untuk memberikan bonus tidak sebesar di daerah lain,” ujarnya.

Namun dikatakan dia, pihaknya berharap di tahun berikutnya para peraih emas akan diperhatikan seperti nilai Kabupaten/Kota lainnya.

“Dengan terpilihnya kepala daerah yang baru, tentunya ada semangat baru pula. Tugas ini, akan kami sampaikan ke tim TAPD untuk bekerjasama dengan dewan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan prestasi para atlet,” jelasnya. (ian)

Tinggalkan Komentar