Peringati 1 Muharram 1440 Hijriah, Remaja Masjid Nurul Hidayah Gelar Festival Budaya Melayu

Tanamkan kecintaan akan budaya Melayu kepada generasi muda

KalbarOnline, Sekadau – Remaja Masjid Nurul Hidayah, Dusun Sepantak, Desa Sungai Ayak Satu, Belitang Hilir, Sekadau menggelar festival budaya Melayu (FBM) dalam rangka memperingati 1 Muharram 1440 Hijriah, Rabu (12/9/2018).

Ketua panitia FBM, Lian Abdullah menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna mencari bakat para pemuda pemudi juga sebagai bagian dari pelestarian budaya.

“Kami adakan festival ini guna untuk mencari bakat para pemuda pemudi, juga sebagai bagian dari pelestarian budaya Melayu yang ada di daerah kami,” ujar Lian.

Festival budaya Melayu yang dilaksanakan oleh remaja Masjid Nurul Hidayah ini berlangsung selama dua hari sejak 12-13 September dengan bermacam lomba yang digelar.

“Lomba hadrah, Qasidah, Sholawat dan tarian zapin dengan peserta dari remaja masjid yang ada di Belitang Hilir dan luar Belitang Hilir,” tutur Lian.

Sementara Ketua Masjid Nurul Hidayah, Maten mengapresiasi atas terselenggaranya festival yang digelar remaja masjid yang dipimpinnya itu.

“Tentu patut kita berikan apresiasi kepada para remaja masjid yang telah melaksanakan kegiatan seperti ini, selain kegiatan positif juga kegiatan yang bisa menanamkan kecintaan para peserta kepada budaya Melayu secara khusus,” tukas Maten.

Senada dengan Maten, Sekretaris POM DPC Belitang Hilir, Fajar Al-Muttaqin juga menyatakan bahwa kegiatan ini sangat positif untuk dilaksanakan agar para generasi tidak lupa dengan jati diri sebagai masyarakat Melayu.

“Kegiatan yang positif seperti ini sangat baik dilaksanakan, semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan agar para generasi muda tidak lupa dengan budaya Melayu di-era teknologi yang sangat pesat saat ini,” tukas Fajar.

Adapun pemenang lomba Zapin Melayu dari 12 tim Zapin yang berlomba, tim Zapin Tiang Sandong A dari Desa Seraras keluar sebagai juara umum, Juara dua ditempati tim Zapin Batu Dulang dari Desa Sungai Ayak Satu sedangkan juara tiga diraih oleh tim Zapin Tiang Sandong B dari Desa Seraras dan Juara empat diraih tim Zapin Tanjung Sebedau.

Penulis : Fajar/Arip

Editor : Mus

Tinggalkan Komentar