by

SMA Karya Sekadau Optimis Wakili Kalbar Lomba Sekolah Sehat Nasional

Dinilai Tim Lomba Sekolah Sehat Provinsi

KalbarOnline, Sekadau– SMA Karya Sekadau dibawah naungan pastoran Katolik Sanggau-Sekadau, Kamis (15/11/2018) menjalani tahapan penilaian terakhir oleh tim penilai lombasekolah sehat tingkat Provinsi. Penilaian tahapan akhir ini nantinya sebagaidasar tim penilai lomba menetapkan sekolah menengah atas untuk mewakili Kalbar lombasekolah sehat tingkat nasional nantinya.

Dalam penilaian kali ini meliputi aspek yang berhubungan dengan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta aspek penilaian lainnya. Dalam melakukan penilaian, tim dari provinsi turut melibatkan Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat serta Kementerian Agama perwakilan Kalbar.

Perwujudan sekolah sehat dalam SMA Karya akan ditanyakan secara langsung kepada siswa oleh tim penilai, hal ini untuk mencerminkan bagaimana pengelolaan UKS di SMA Karya Sekadau.

Disela kegiatan, koordinator penilai sekolah sehat, Drs. Bartolomeus mengatakan pelaksanaan penilaian lomba sekolah sehat merujuk pada SKB dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama yang mengharuskan dilaksanakannya UKS dan PHBS tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK.

“Mengenai aspek-aspek didalam penilaian meliputi UKS, PHBS, pengetahuan siswa tentang pendidikan kesehatan bagaimana siswa mengetahui dan mempraktekkan PHBS, serta faktor-faktor pendukung terlaksananya UKS,” ujarnya.

Sementara Kepala Sekolah SMA Karya Sekadau, Drs. Sumardi mengatakan terpilihnya SMA Karya Sekadau mengikuti lomba sekolah sehat tingkat provinsi, merupakan barometer bagi sekolah dalam mengetahui sejauh mana penerapan UKS dan PHBS di lingkungan sekolah.

“Kami optimis Sekadau bisa mewakili Kalimantan Barat ke tingkat nasional,” tukasnya. (Mus)

Comment

Terbaru