#Review: Buku Manajemen Pelayanan Publik – Hayat

KalbarOnline, Serbaneka – Judul: Manajemen Pelayanan Publik

No. ISBN: 9786024250805

Penulis: Hayat

Penerbit: PT RajaGrafindo Persada

Tanggal terbit: Desember 2017

Kategori: Penunjang pembelajaraan mahasiswa S1, S2, S3

Text bahasa: Indonesia

Reviewer: Sugiana Desi Safitri

Tanggal: 14 Mei 2018

Buku yang berjudul “Manajemen Pelayanan Publik” ini berisi tentang bagaimana menciptakan pelayanan publik yang baik dan berkualitas. Manajemen yang berkualitas bergantung kepada bagaimana masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, jadi interaksi antara pelayan publik dan masyarakat bisa terjalin dengan baik.

Jika interaksi sudah berjalan dengan baik dan berkualitas dengan cara berjalan dengan sistematis maka tujuan pemerintahan dapat terlaksanakan dengan baik dan good governance semakin nyata.

Dengan terciptanya pelayanan publik yang berkulitas akan menciptakan masyarakat yang sejahtera. Dalam pencapaian pelayanan publik yang berkualitas seorang pelayan publik harus banyak belajar tentang bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Dengan adanya buku manajemen pelayanan publik yang membahas tentang bagaimana memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat. Di dalam buku ini terdapat beberapa bab yang membahas tentang konsep, fungsi dan tujuan pelayanan publik, kinerja pelayanan publik, sumber daya aparatur pelayanan publik, reformasi birokrasi pelayanan publik dan good governance. Dengan adanya bab tersebut didalam buku ini dapat membatu pembaca dalam memberikan pelayanan yang berkualitas untuk masyarakat.

Pada isi buku yang pertama dijelaskan konsep, fungsi, dan tujuan pelayanan publik. jadi pembaca bisa mengerti terkait dengan konsep manajemen publik yang benar, selain itu pembaca juga bisa mengetahui fungsi dan tujuan dari manajemen pelayanan publik itu sendiri.

Yang kedua yaitu kinerja pelayanan publik, bentuk dari pemberian yang dilakukan oleh pelayan publik adalah bagian dari kinerja yang dilakukan, tujuannya dari bab ini adalah menjelaskan bagaimana caranya memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat terkait dengan kinerja yang telah dimiliki oleh setiap pelayanan publik.

Selanjutnya, yaitu sumber daya aparatur pelayanan publik, karena sumber daya aparatur ini merupakan aspek utama dalam mencapai tujuan organisasi karena dengan adanya sumber daya aparatur tersebut semua tujuan organisasi dapat terlaksanakan dengan baik.

Reformasi birokrasi pelayanan publik, reformasi ini di butuhkan untuk merubah sistem pemerintahan kepada sistem yang lebih baik lagi untuk menciptakan pemerintahan yang baik.

Yang terakhir adalah good governance, good governance dibutuhkan untuk mengurusi urusan politik, ekonomi, dan administrasi pada suatu bangsa. Agar semua kepentingan bangsa tersebut bisa terealisasi dengan adanya pelayan publik yang mengurusinya.

Selain itu buku ini juga memiliki kelebihan, kelebihan dari buku ini adalah bahasa yang mudah dimengerti sehingga pembaca bisa dengan muda memahami isi atau makna dari buku ini, buku manajemen pelayanan publik ini sangat membangtu mahasiswa administrasi publik terutama administrasi negara dalam menyelesaikan perkuliahnnya dan untuk refrensi baik mahasiswa S1, S2, dan S3, serta sebagai refrensi bagi dosen administrasi negara publik, dengan ukuran buku yang tidak terlalu tebal akan tetapi bisa mencakup semua aspek yang dibutuhkan oleh pembaca dan mudah di bawa kemanapun kita ingin membaca.

Dengan bahasa yang mudah di pahami, bukan hanya mahasiswa atau dosen saja yang bisa membaca buku ini akan tetapi para aparat pelayan public juga butuh untuk membaca buku ini agar bisa memberikan pelayanan yang berkualitas dan baik kepada masyarakat.

(KO/SDS)

Tinggalkan Komentar