Sosok Brigadir Anggre di Mata Masyarakat

Bhabinkamtibmas Desa Sungai Ringin, Brigadir Anggre Jaya Laksana, Saat Membantu Warga Membangun Rumah (Foto: Mus)
Bhabinkamtibmas Desa Sungai Ringin, Brigadir Anggre Jaya Laksana, Saat Membantu Warga Membangun Rumah (Foto: Mus)

Sosok yang ramah

KalbarOnline, Sekadau – Selama ini, penilaian masyarakat terhadap anggota polisi selalu negatif dan seperti sosok yang menakutkan.

Namun pada kenyataannya tidak semua polisi seperti itu, bahkan anggapan masyarakat yang selalu ‘miring’ dapat dijawab oleh polisi yang baik hatinya.

Seperti misalnya anggota Polri dari Polres Sekadau yang satu ini. Ialah Brigadir Anggre Jaya Laksana, Bhabinkamtibmas Sekadau Hilir.

Brigadir Anggre merupakan sosok yang patut ditiru oleh anggota polisi lainnya. Brigadir Anggre yang akrab disapa masyarakat dengan Om Anggre ini selalu dekat dengan semua kalangan masyarakat.

Berbagai cara ia lakukan dalam rangka merajut kebersaman dan hubungan baik Polri dan masyarakat.

Anggre sangat aktif dimasyarakat, tak jarang dirinya menjadi aktor penting atau inisiator dalam kegiatan sosial dimasyarakat.

Beberapa kali menjadi inisiator penggalangan dana terhadap warga Sekadau yang kurang mampu atau yang sedang sakit, membantu warga membangun rumah dan berbagai kegiatan sosial lainnya.

Tak jarang pula Anggre menelurkan terobosan-terobosan seperti misalnya Kesar Sipanbau, program peduli lingkungan, program perpustakaan keliling dengan motor dinasnya guna meningkatkan minat baca anak-anak.

Langkah yang dilakukannya tersebut tak hanya menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, juga mengedukasi masyarakat dan menghilangkan stigma negatif bahwa anggota polisi itu baik.

Menurut warga setempat, Edi Asmawi, S.Pd, Brigadir Anggre yang akrab disapa Om Anggre, merupakan sosok polisi yang ramah dan dekat dengan masyarakat, khususnya di Desa Sungai Ringin yang merupakan wilayah tugasnya.

“Makanya ia dengan mudah melakukan sosialisasi kepada warga kami,” kata dia.

Di tempat terpisah, salah seorang warga Sekadau, Bujang mengatakan bahwa kerja sama polisi tidak harus secara fisik. Itu menguras tenaga. Contoh Bhabinkamtibmas Desa Sungai Ringin, tugas polisi adalah mencegah.

“Dan sudah banyak bukti pencegahan di berbagai daerah di Kabupaten Sekadau tentang narkoba dan lainnya yang melanggar hukum. Beberapa waktu lalu, kemarin ditangkap pemakai narkoba di Kabupaten Sekadau, kita sangat berterimakasi dengan Polres Sekadau,” ujarnya saat ditemui di warung kopi pasar Sekadau.

Supaya barang haram itu tidak leluasa di Bumi Lawang Kuari, lanjutnya, pengamanan internal haruslah dilakukan Polisi, sejatinya polisi juga telah terbantu oleh berbagai warga Sekadau.

“Namun yang utama sebagai garda terdepan penangkalnya adalah dari diri sendiri,” tandasnya.

“Dalam pengabdian memberi rasa aman, Polisi menabung rasa kasih sayang dan cinta dari masyarakat Sekadau seperti Anggre,” pungkasnya. (Mus)

Tinggalkan Komentar