Buka RAT CU Keling Kumang, Bupati Rupinus: Koperasi Yang Tidak Aktif Lebih Baik Dibubarkan Saja

Bupati Sekadau, Rupinus, Saat Memberikan Arahannya, Saat Membuka RAT CU Keling Kumang Tahun Buku 2017 (Foto: Mus/Hms)
Bupati Sekadau, Rupinus, Saat Memberikan Arahannya, Saat Membuka RAT CU Keling Kumang Tahun Buku 2017 (Foto: Mus/Hms)

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si membuka secara resmi Rapat Anggota Tahunan (RTA) Koperasi Credit Union (CU) Keling Kumang tahun buku 2017 yang dipusatkan di lantai dasar Kantor Pusat CU Keling Kumang, Desa Tapang Sambas, Kabupaten Sekadau, Sabtu 24 Februari 2018 yang ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tujuh kali.

RAT yang dilaksanakan secara rutin ini dihadiri Kepada Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Kalimantan Barat, Marsianus, Aktivis CU Keling Kumang, utusan anggota yang ditunjuk dalam Pra-RAT seluruh tempat pelayanan dan tamu undangan lainnya.

Bupati Sekadau Rupinus Dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tulus kepada CU Keling Kumang yang secara rutin melaksanakan kewajibannya yakni setiap tahun melaksanakan RAT.

“CU Keling kumang ini taat dengan Undang-undang, salah satunya dengan cara melaksanakan RAT setiap tahun,” imbuhnya lagi.

Rupinus juga memberikan apresiasi kepada CU Keling Kumang (KK) yang telah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari audit akuntan publik.

Diakatakan Rupinus yang juga anggota aktif CU KK ini, Koperasi wajib melaksanakan Rapat Angaran Tahunan sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-undang.

“Kalau ada koperasi yang tidak melaksanakan RAT, itu perlu dipertanyakan dan kalau ada CU yang tidak aktif lebih dibubarkan,” tegas Rupinus.

Rupinus juga mengingatkan kepada anggota supaya lebih aktif dalam mendukung perkembangan CU Keling Kumang, caranya adalah aktif menabung, memimnajm dan mengangsur tepat waktu dan tepat jumlah.

“Kita berharap anggota CU KK ini bisa secara aktif untuk mendukung perkembangan CU KK, kalau minjam supaya dianggsur, jangan sampai pinjam kayu ara,” kelakar Rupinus.

Sementara, Ketua Dewan Pimpinan CU Keling Kumang Mikael mengatakan Keling Kumang rutin melaksanakan RAT setiap tahun buku. RAT ini guna menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas koperasi terhadap anggota.

“Rapat Anggota Tahunan harus rutin dilakukan, ini amanah dari Undang-undang guna memberikan pertanggungjawaban kita, sekaligus melihat program yang sudah berjalan dan rencana kita kedepannya,” ujar Mikael.

Sesuai tema yang diusung dalam RAT ini, lanjut Mikael kita diajak untuk berusaha dan bekerja lebih giat dalam rangka meningkatkan produktifitas yang sudah ada dan akan diusahakan sehingga mampu memberikan peluang keberhasilan yang lebih baik untuk masa depan anggota.

“Kami merasa tidak terlepas dari peran aktif dan kontrol dari anggota, kami berharap apa yang direncanakan CU Keling Kumang Tahun 2018 ada lanjutan dari tahun 2017,” tandasnya.

Sementara Chief Executive Officer (CEO) CU Keling Kumang, Valentinus mengatkan CU Keling kumang mengalami perkembangan sangat luar biasa.

“Kita percaya anggota tetap loyal di CU KK bukan karena bunga Simpanan SISKA dan Simpanan lainnya yang tinggi tetapi karena pelayanan, mampu memberi solusi, kepedulian dan rasa kebersamaan kita untuk membangun masyarakat lebih sejahtera,” ujarnya.

Sementara itu Kepada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Barat, Marsianus mengatakan CUKK dari standar akuntansi sudah sangat baik dan sangat tepat.

“Untuk standar akuntasi jangan ragu lagi dengan CU Keling Kumang,” ujarnya.

Keling Kumang sudah menyiapakan SDM yang baik, memiliki program yang unggul untuk membangun dan meningkatkan kesejahteraan anggota, serta memiliki unit-unit usaha lain yang tergabung dalam Keling Kumang Group (KKG).

“Opini WTP yang telah berhasil dicapai oleh CU Keling Kumang berdasarkan hasil audit akuntan publik, dari sisi pemerintahnya saya katakan Cukup sehat. Mengapa saya katakan cukup sehat, bukna sehat, karena anggota tidak begitu aktif meminjam, getol meminjam ogah anggsur. Partisipasi anggota sangat kita harapkan. Menurut saya apa yang sudah dilakukan oleh CU Keling Kumang sudah sangat bagus,” ujarnya.

Dikatakan Marsianus CU maju karena kasih. Pemerintah cukup menjamin rasa aman kepada masyarakat, memfasilitasi apa yang menjadi urusan koperasi.

“CU ini maju karena kasih. Ini sangat luar biasa,” tandasnya. (Mus/Hms)

Tinggalkan Komentar