Rapat Kerja DAD Kapuas Hulu, Ini Pesan Anton Pamero

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Dewan Adat Dayak Kabupaten Kapuas Hulu menggelar rapat kerja, yang dilaksanakan di balai pertemuan gedung Bank Kalbar Kapuas Hulu, Rabu (20/12).

Turut dihadiri Seketaris Umum DAD Provinsi Kalbar, L Kebing, Asisten III, Muhammad Yusuf mewakili Bupati Kapuas Hulu, Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi, SIK., MH, Kajari Kapuas Hulu, Rudi Hartono, SH., MH dan perwakilan adat se Kapuas Hulu serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua DAD Kapuas Hulu yang juga merupakan Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamer, SH  mengatakan bahwa keberadaan DAD ini merupakan mitra pemerintah daerah, yaitu melaksakan tugas dan pelayanan sesuai dengan fungsinya.

Baca Juga :  Sutarmidji Tak Puas Dengan Hasil Pembangunan Gedung SMK Unggulan Sambas

“Hal ini perlu saya sampaikan menghindari terjadinya premanisme adat yang sering terjadi baik tingkat dusun, desa, kecamatan, maupun Kabupaten, dan hal ini perlu dieliminer agar tidak lagi terjadi isu – isu yang menyesatkan masyarakat,” kata Anton Pamero.

“Apalagi sebentar lagi kita akan menghadapi pemilihan Gubernur Kalimantan Barat, isu negatif seringkali dihembuskan oleh orang tidak bertanggung jawab,” timpalnya.

Untuk itulah diharapkan kehadiran DAD ini perlu lebih ditingkatkan, serta peran serta seluruh pengurus adat yang ada di Kapuas Hulu.

“Marilah bersama-sama menangkal sebelum terjadi permasalahan,” ajaknya seraya berpesan.

Baca Juga :  HUT ke-65 Pemprov Kalbar, Bupati Sis: Kapuas Hulu Terus Dukung Program Pemprov Kalbar

Sementara itu, Sekretaris Umum DAD Provinsi Kalbar, L Kebing mengatakan bahwa saat ini bukan lagi kita bicara mengenai adat dayak, tetapi yang lebih mementingkan bagaimana fungsi DAD ini sebagai motor penggerak dalam meningkatkan sumber daya masyarakat yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Selain itu diharapkan DAD lebih meningkatkan peran serta, atau andil dalam kepemerintahan sehingga tujuan maupun program DAD bisa berjalan dengan baik dan lancar. Dan diharapkan pada Pilgub yang sebentar lagi akan dilaksanakan DAD bisa menyejukan warga kita yang kadang-kadang sering misskomunikasi,” tandas Kebing. (Ishaq)

Comment