Sekda Kapuas Hulu, Ir H Muhammad Sukri, Bersama Unsur Forkopimda Kapuas Hulu, Foto Bersama Anggota Forum Bela Negara Kabupaten Kapuas Hulu (Foto: Ishaq)
Sekda Kapuas Hulu, Ir H Muhammad Sukri, Bersama Unsur Forkopimda Kapuas Hulu, Foto Bersama Anggota Forum Bela Negara Kabupaten Kapuas Hulu (Foto: Ishaq)

Pembentukan Forum Bela Negara oleh Kementerian Pertahanan

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Komandan Kodim (Dandim) 1206 Putussibau, Letkol Inf Muhammad Ibnu Subroto mengatakan keberadaan Forum Bela Negara (FBN) sangat strategis menghadapi berbagai ancaman terhadap keutuhan NKRI saat ini, sehingga bela negara berperan startegis dalam ketahanan negara.

“Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk membela dan mempertahankan negara, sehingga dibentuklah Forum Bela Negara langsung dari Kementerian Pertahanan,” ujar Dandim usai upacara pembentukan Forum Bela Negara Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (15/11).

Dandim juga mengatakan bahwa pembentukan Forum Bela Negara itu dari berbagai latar belakang seperti dari kalangan pelajar, PNS dan tokoh masyarakat.

Menurutnya, untuk mempertahankan NKRI tidak cukup hanya TNI atau Polri, namun seluruh warga negara wajib membela negara, apalagi Kapuas Hulu merupakan daerah perbatasan.

Sementara, Sekretaris Daerah Kapuas Hulu, Ir H Muhammad Sukri mengatakan bahwa untuk membela negara merupakan tanggungjawab bersama.

“Forum Bela Negara itu dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, dalam Gerakan Nasional Bela Negara,” jelas Sukri.

Sekda mengatakan bahwa kader bela negara harus siap menghadapi segala bentuk ancaman yang ada.

Menurutnya, membela negara tidak harus dengan peperangan, namun bisa juga dilakukan dengan menjaga kearifan lokal dan lingkungan, dengan prestasi dan sebagainya.

“Jadi kader bela negara itu sangat strategis untuk menangkal semua bentuk ancaman saat ini,” tandasnya. (Ishaq)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY