Penobatan Sultan IX Kesultanan Pontianak, Yang Mulia Sri Paduka Syarif Mahmud Melvin Alkadrie (Foto: Ist)
Penobatan Sultan IX Kesultanan Pontianak, Yang Mulia Sri Paduka Syarif Mahmud Melvin Alkadrie (Foto: Ist)

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono turut menghadiri acara penobatan Sultan ke IX Kesultanan Pontianak, Yang Mulia Sri Paduka Syarif Machmud Melvin Alkadrie, Sabtu (15/7).

“Ini merupakan salah satu prosesi budaya yang bisa mengangkat budaya Pontianak sehingga dapat dikenal ke seluruh penjuru tanah air bahkan mendunia,” ujarnya, Sabtu (15/7).

Kegiatan-kegiatan di kerajaan harus didukung karena ini merupakan cikal bakal budaya penduduk Kota Pontianak secara mayoritas.

“Saya berharap usai momentum Penobatan Sultan, persatuan dan kesatuan umat, serta ketenangan dan kerukunan harmonisasi di Pontianak semakin terjalin,” harapnya.

Pemerintah Kota Pontianak, lanjutnya, sejak dua tahun belakangan sudah mulai merestorasi dan merevitalisasi kawasan Keraton termasuk Masjid Jami’ untuk dilestarikan yang merupakan wisata religius.

“Kita tata ulang sebagai kawasan budaya dan menjadi salah satu ikon utama pariwisata Kota Pontianak,” terangnya. Tentunya, kita harapkan Sultan dapat mengayomi dan menggali potensi-potensi wisata budaya yang ada dari leluhur untuk dijadikan salah satu kegiatan di Pemkot Pontianak,” tandasnya. (Fai)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY