Bupati Kubu Raya, Rusman Ali Saat Menyerahkan Penghargaan Kepada Pelaku UMKM Pada Acara Peringatan Hari Koperasi ke-70 (Foto: Ian/Hms)
Bupati Kubu Raya, Rusman Ali Saat Menyerahkan Penghargaan Kepada Pelaku UMKM Pada Acara Peringatan Hari Koperasi ke-70 (Foto: Ian/Hms)

KalbarOnline, Kubu Raya – Koperasi merupakan salah satu badan usaha yang berperan dalam perekonomian rakyat, peran tersebut meliputi berbagai indikator. Hal tersebut dikatakan Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, usai menyerahkan penghargaan kepada pelaku UMKM pada acara memperingati Hari Koperasi yang ke-70, Selasa (18/7).

“Diusia koperasi yang ke-70 ini, banyak koperasi yang telah maju dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya,” ucap Bupati Kubu Raya, Rusman Ali.

Rusman Ali menerangkan, melihat perkembangan zaman, koperasi-koperasi tersebut telah memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Penyerapan tenaga kerja dan pemerataan pendapatan, sehingga tingkat kesenjangan atau ketimpangan ekonomi dapat dikurangi,” ungkapnya.

Sebaliknya, kata Rusman Ali, banyak koperasi yang belum berhasil, memiliki permasalahan internal, kesulitan permodalan dan persoalan organisasi lainya.

“Terhadap koperasi tersebut, akan terus diberikan pembinaan insentif melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian yang didukung melalui dana APBD Kabupaten Kubu Raya, APBN serta dana CSR,” jelasnya.

Rusman Ali menambahkan, masih banyak pula anggapan negatif atau pandangan pesimis sebagai masyarakat terhadap peran dan fungsi Koperasi.

“Kondisi ini, sudah harus diubah, karena koperasi saat ini tidak hanya dijadikan sebagai wadah pendidikan, tempat berwirausaha, tetapi juga sebagai sarana persatuan bangsa,” ungkapnya.

Melalui momentum hari Koperasi ini, Rusman Ali mengajak masyarakat untuk bulatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui kinerja dalam beroperasi secara demokrasi dan sukarela, terutama kejujuran dalam mengelola Koperasi serta kesadaran untuk memajukan Koperasi demi kepentingan bersama dalam mensejahterakan anggota Koperasi.

“Sikap mental dan moral yang kuat, sangatlah diperlukan sekali dalam terselenggaranya dan berkembangnya koperasi yang lebih modern dan profesional. Serta tidak menghilangkan nilai-nilai yang ada didalamnya,” katanya.

Bupati menambahkan, Koperasi juga harus dapat dikelola dengan baik dan memiliki daya saing kuat mengingat, telah memasuki era pasar bebas dan Masyarakat Ekonomi Asean.

“Dengan bekal profesional yang didasarkan dan dilandasi dengan asas kekeluargaan, makan dapat diciptakan Koperasi yang tangguh dalam menghadapi persaingan global,” pungkasnya. (Ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY